Home Travel Destinasi 4 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Semarang

4 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Semarang

174
0
SHARE
Lawang Sewu, salah satu destinasi wisata yang ada di Semarang. Foto: pegipegi.com

Diamma.com- Hallo Diammania! Ada yang sudah pernah berlibur ke Semarang? Ibu kota Jawa Tengah ini tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam lho.

Semarang juga terkenal dengan tempat-tempat wisatanya. Hal ini terbukti dari foto-foto wisata di daerah Semarang yang sedang hits di media sosial.

Diamma.com sudah merangkum 4 destinasi wisata yang wajib banget kalian kunjungi ketika berada di Semarang. Here we go!

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjd Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan salah satu landmark yang ada di Jawa Tengah, khususnya Semarang. Arsitektur bangunan ini terinspirasi dari masjid yang ada di Mekah dan Madinah. Bangunan masjid ini dilengkapi dengan 6 buah payung elektrik ukuran besar yang dibuka jika jemaah sholat cukup banyak. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini dapat dijadikan sebagai objek wisata religi karena terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah.

  1. Lawang Sewu

Kalau kalian pergi ke Semarang, belum afdol rasanya kalau tidak berkunjung ke Lawang Sewu. Dalam Bahasa Indonesia, lawang sewu memiliki arti pintu seribu. Pada awal dibangun, Lawang Sewu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, yaitu perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia. Bagi kalian penyuka wisata misteri, wajib banget untuk berkunjung ke sini. Bukan rahasia lagi jika cerita misteri hantu seperti kuntilanak, genderuwo, hantu berwujud para tentara Belanda, serdadu Jepang, dan hantu wanita nonik Belanda sangat kental terdengar di Lawang Sewu.

  1. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat Buddha yang sangat terkenal di Semarang selain Sam Poo Kong. Pagoda ini terletak di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Pagoda ini memiliki tujuh tingkatan yang didesain semakin keatas semakin menyempit. Desain arsitekturnya yang indah, membuat pagoda ini begitu dikagumi oleh berbagai kalangan. Pagoda Avalokitesvara juga merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib banget kalian kunjungi ketika berada di Semarang, karena suasana disekitar pagoda membawa kita seperti berada di negeri Cina.

  1. Kota Lama Semarang

Bagunan-bangunan megah bergaya Eropa dengan daun pintu besar dan dihiasi kaca patri menjadi pemandangan yang akan kamu jumpai di Kota Lama Semarang. Pada zaman kolonial Belanda dulu, Kota Lama Semarang merupakan pusat pemerintahan Semarang dan pusat permukiman warga khususnya warga Belanda.  Karena lokasinya yang dikelilingi kanal dengan bangunan berlanggam Eropa, kawasan ini mendapat julukan Little Netherland. Bagi kalian yang suka mencari spot untuk berfoto yang murah meriah, Kota Lama merupakan tempat yang pas. Pasalnya, Kota Lama Semarang memberikan atmosfer seperti kita sedang berada di Eropa. Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke Kota Lama. Cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan, kalian dapat berfoto sepuasnya di kawasan Kota Lama.

Penulis : Asri Muspita Sari
Editor : Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)