Home Cetak WARTA: Wah, Ternyata Kampus UPDM(B) Pernah Punya Kantin

WARTA: Wah, Ternyata Kampus UPDM(B) Pernah Punya Kantin

550
0
SHARE
Ilustrasi : Diamma.com/M Haedar Fashal

Diamma.com- Salah satu karakteristik dari UPDM(B) adalah ketidaktersediaan kantin tersendiri di dalam kampus.

Keberadaan kantin ini sudah sejak lama di nanti-nantikan oleh mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Meski sudah terdapat banyak penjual makanan di depan area kampus, tetap saja menimbulkan ketidaknyamanan bagi para mahasiswa UPDM(B).

Puspa Anggraini, selaku Mahasiswi FIKOM 2015 mengatakan bahwa rasanya akan lebih lengkap jika bisa mempunyai kantin tersendiri.

“Seneng kalo bisa punya kantin sendiri, kalo bisa sih kantinnya gede, harga (sesuai) kantong mahasiswa dan nyaman untuk makan atau sekedar nongkrong,” ujarnya.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa kampus ini pernah mempunyai kantin yang berlokasi di Taman Area Merokok. Atau lebih tepatnya, di belakang Perpustakaan UPDM(B).

Budi Harsono selaku Kepala Biro Administrasi Umum & Keuangan membenarkan perihal keberadaan kantin yang sempat ada ini. “Iya benar sekitar tahun 2004 hingga 2008 kita punya kantin yang sekarang di alih fungsikan sebagai area merokok,” jawab Budi.

Adapun alasan mengapa kantin Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dialih fungsikan menjadi Taman Area Merokok, yaitu banyaknya terjadi pelanggaran di lapangan yang dilakukan pedagang maupun mahasiswa. Hal itulah yang menyebabkan titik awal dari perombakan kantin tersebut.

“Perjanjian awal dulu itu bahwa kantin hanya untuk makanan siap saji, tidak diperbolehkan menggunakan gas Elpiji, namun ada saja yang melanggar untuk menggoreng ayam dan lele. Asap dari kegiatan ini kan menggangu, bahkan sampai ke kelas-kelas, menyebabkan mahasiswa tidak fokus belajarnya,” tuturnya.

Selain itu, menurut Budi terjadi beberapa penyalahgunaan fungsi kantin itu sendiri, seperti penjualan minum-minuman beralkohol dan kantin yang dijadikan tempat berjudi oleh beberapa oknum Mahasiswa.

“Dengan adanya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, maka dari itu kantin kami alihkan jadi taman untuk duduk-duduk saja,” tutupnya.

Reporter : Deske Desiana Tapada

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #50 Feb 2018, dengan judul “Wah, ternyata kampus UPDM(B) Pernah Punya Kantin”.