Home Entertainment Gaya Hidup Tips Pola Hidup Untuk Mengatasi Jerawat

Tips Pola Hidup Untuk Mengatasi Jerawat

231
0
SHARE
Masalah Jerawat sering mengganggu, baik remaja hingga dewasa. Foto : Go-dok.com

Diamma.com- Memiliki masalah dengan jerawat? Jerawat memang menjadi permasalahan yang umum terjadi, dan dapat menimpa remaja hingga dewasa.

Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Penyebabnya terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh percampuran sel kulit mati, kotoran, dan sebum (zat yang diproduksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit), yang kemudian menciptakan infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada daerah sumbatan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, berikut beberapa tips yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah kulit ini!

1. Gunakan Sabun atau Pembersih Wajah Ringan.
Sebaiknya gunakkan air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat, hindari menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena bisa membuat jerawat makin parah.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Area Kulit yang Berjerawat.
Hal tersebut hanya akan memperparah iritasi, cukup cuci dua kali dalam sehari.

3. Teratur Mengkonsumsi Air Putih.
Air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dimana dapat membantu peredaran darah dan membantu pembersihan darah. Pembersihan darah dapat mencegah timbulnya jerawat yang tejadi akibat darah kotor.

4. Kurangi Penggunaan Kosmetik.
Pemilihan kosmetik bagi wanita sangatlah penting. Kualitas kosmetik yang buruk atau tidak cocok dengan kulit wajah anda, dan menimbulkan jerawat.

5. Tidur Cukup.
Tidur membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan wajah. Untuk membantu Anda cukup tidur di malam hari, situasikan kamar tidur Anda senyaman mungkin.

6. Atur Pola Makan.
Hindari makanan dan camilan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. Insulin akan memicu produksi sebum (minyak) berlebih sebagai penyebab jerawat.

Itulah beberapa pola hidup yang bisa kita terapkan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Tertarik untuk mencoba?

Penulis : Anastasya Ayu F
Editor : Siti Nurmayani Putri

(Dilansir dari beberapa sumber)