Home Cetak WARTA: Sudah Tahu Fakultas Ekonomi Ganti Nama?

WARTA: Sudah Tahu Fakultas Ekonomi Ganti Nama?

368
0
SHARE
Ilustrasi : Diamma.com/M Haedar Fashal

Diamma.com- Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) resmi mengganti namanya menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis tertanggal 30 November 2017, melalui surat putusan Rektor Nomor : 155/SK/R/UPDMB/XI/2017.

Alasan digantinya nama ini dikarenakan fakultas merasa nomenklatur Fakultas Ekonomi tidak cukup menimbulkan daya tarik bagi calon mahasiswa, yang kemudian diusulkan perubahan namanya oleh para pimpinan Fakultas Ekonomi, melalui pembahasan yang sudah dilakukan sejak enam bulan sebelumnya.

Penambahan unsur bisnis dalam nomenklatur FE juga mengacu pada putusan Menristek dan Dikti Nomor : 257/M/kpt/2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi.

Saat ini FEB sedang terus dalam proses merubah seluruh keterangan nama FE menjadi FEB, baik dalam kop surat, lambang, map dan berbagai sarana lainnya. Hal ini juga dilakukan untuk menyesuaikan kurikulum Fakultas yang sudah diubah sejak sekitar tiga tahun yang lalu.

“Pergantian nama ini, dilakukan untuk mengikuti perkembangan jaman. Tidak apa sedikit terlambat daripada tidak sama sekali,” ungkap Subedi Basuki, Wakil Dekan II FEB.

Sosialisasi mengenai hal ini pun terus diupayakan oleh Fakultas dalam rangka mengenalkan nama baru ini ke berbagai pihak mulai dari para mahasiswa dan pihak di luar Universitas terutama kepada calon mahasiswa baru.

FEB terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan, tidak hanya melalui pergantian nama tetapi dengan juga memperhatikkan berbagai aspek lainnya.

Ke depannya FEB telah merencakan wacana untuk mendirikan jurusan baru, yaitu Ekonomi Syariah yang sudah mulai dibicarakan dalam lingkungan fakultas, dan jikalau memang kedepannya mendapat respon yang baik, maka hal tersebut akan diupayakan untuk terealisasi.

Dengan perubahan ini, Okta Wijaya Kusuma Putra, mahasiswa FEB 2015, berharap fakultas “baru”nya ini lebih berkembang lagi kedepannya.

Reporter : Anastasya Ayu F.

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #49 Jan 2018, dengan judul Sudah Tahu Fakultas Ekonomi Ganti Nama?”.