Home Cetak WARTA: Kesempatan Penelitian Bagi Mahasiswa Berprestasi

WARTA: Kesempatan Penelitian Bagi Mahasiswa Berprestasi

149
0
SHARE
Ilustrasi: Adhyasta Dirgantara

Diamma.com – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memberi kesempatan kepada mahasiswanya yang memiliki IPK diatas 3,5 untuk melakukan penelitian kelompok.

Penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi dari segi penelitian.

Menurut Wahyudi M. Pratopo, Kaprodi Fakultas Ilmu Komunikasi, tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kegiatan akademik.

“Penelitian ini diadakan selain untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi, juga untuk meningkatkan kegiatan akademik. Jadi, kemampuan mahasiswa dapat dilihat dari sini ,” ujar Wahyudi menjelaskan.

Selain itu, Wahyudi juga menambahkan bahwa hal ini dilaksanakan untuk mendorong mahasiswa lain agar berlomba mendapat IPK lebih baik.

Tahap penelitian dimulai dari tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Sementara, mahasiswa angkatan 2014 menjadi angkatan pertama yang merasakan kesempatan penelitian, yang diadakan pihak Fikom.

Mengenai penelitian ini, mahasiswi Fikom 2014, Ilmika Karimah, buka suara. “Yang diadakan oleh Fikom itu bagus. Soalnya kan secara tidak sadar jadi pembelajaran dan pengalaman tiap individunya. Alhamdulillah aku bisa merasakan ini,” komentar Ilmika.

Ada sekitar 69 mahasiswa yang ikut dalam penelitian ini. Namun, jumlah tersebut berkurang karena adanya seleksi alam. Mengenai anggaran dana, penelitian didanai oleh pihak kampus.

Wahyudi berharap agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini. “saya berharap, mahasiswa bisa memanfaatkan penelitian ini, karena ini merupakan apresiasi bagi mereka yang sudah baik dalam akademik,” kata Wahyudi mengakhiri.

Reporter : Suryo Hardiantoro

Versi cetak artikel ini terbit di WARTA Diamma edisi #48 Des 2017, dengan judul “Kesempatan Penelitian Bagi Mahasiswa Berprestasi”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here