Home Entertainment Gaya Hidup 5 Hal Keren yang Ada di Mobil Masa Depan

5 Hal Keren yang Ada di Mobil Masa Depan

238
0
SHARE
Teknologi Autonomous Driving. Foto: CNN.com

Diamma.com – Yuk simak beberapa hal keren yang akan ada di mobil masa depan.

  1. Mobil Yang Dapat “Melihat”

Manusia bukan lagi satu-satunya yang bisa melihat jalan di depan. Mobil semakin dilengkapi dengan sensor, terutama kamera. Dengan bantuan perangkat lunak penglihatan komputer, kamera mampu mengidentifikasi tanda – seperti batas kecepatan di atas batas kecepatan yang ditentukan dengan menerapkan rem untuk menjaga supir pada kecepatan itu, ia membatasi jumlah bahan bakar ke mesin.

Kamera juga memainkan peran besar dalam kendaraan otonom, seperti membantu mereka melihat sekeliling tikungan atau mendeteksi orang dan benda di jalan.

  1. Mengemudi otonom

Mobil yang dapat melaju sendiri beberapa tahun lagi. Fitur Autopilot menganjurkan kemudi otomatis dan pengereman darurat otomatis. Di beberapa jalan, kendaraan bisa mengidentifikasi penanda jalur dan mengarahkan kendaraan untuk tetap berada di jalur. Jika pengemudi tidak melihat hambatan pejalan kaki atau hambatan lainnya, pengereman darurat otomatis mengaktifkan untuk menghentikan mobil.

Istilah mengemudi otonom dan self-driving sering digunakan secara bergantian.

Tapi ada skala otonomi mulai dari fitur low end seperti cruise control hingga high-end kendaraan yang begitu mandiri sehingga tidak perlu setir atau pedal untuk mengendarainya.

  1. Parkir otomatis

Pembuat mobil ingin menghilangkan kerumitan parkir. Meskipun banyak perusahaan menawarkan fungsi parkir paralel untuk membimbing pengemudi ke tempat-tempat, beberapa produsen – termasuk Tesla dan BMW, memikirkannya lebih jauh. Parkir otomatis tidak memerlukan supir untuk berada di dalam mobil.

Driver tinggal menekan tombol pada kunci mereka untuk menginstruksikan mobil kapan harus masuk atau keluar dari tempat parkir.

  1. Teknologi Hybrid

Teknologi Hybrid merupakan teknologi yang menggunakan Baterai dan motor listrik untuk menggerakkan bobot mobil dengan bantuan dorongan pada mesin, yang memungkinkan bekerja secara efisien dan menghemat bahan bakar. Seperti hibrida lainnya, baterai dibebankan dari mesin gas secara langsung atau dengan memulihkan energi saat pengereman. Mobil-mobil ini menggunakan baterai kuat yang bisa diisi dari sumber eksternal dan biasanya hanya menggunakan listrik untuk jarak yang cukup jauh.

  1. Windshield displays

Salah satu solusi pengemudi agar tidak mengalihkan pandangan mereka dari jalan yang dapat membahayakan. Windshield displays akan memproyeksikan informasi, navigasi dan kecepatan gambar ke kaca depan.

Penulis: Muhammad Taufiq Wicaksono
Editor: Alya Farah