Home News Nasional Gempa Berkekuatan 6,9 SR Mengguncang Kota Tasikmalaya

Gempa Berkekuatan 6,9 SR Mengguncang Kota Tasikmalaya

282
0
SHARE
Pusat gempa berada di Tasikmalaya pada Jumat (15/12). Foto: Banjarmasin.tribunnews.com

Diamma.com – Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang kota Tasikmalaya Jawa Barat Pada Jumat (15/12/17) pukul 23:47 WIB.

Situs web Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mencatat gempa bermagnitudo 7,3 terjadi pada pukul 23.47 WIB di 8,03 derajat Lintang Selatan dan 108,04 derajat Bujur Timur atau 43 km dari arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Pusat gempa berada di kedalaman 105 km.

Sejumlah warga terkejut saat mereka sedang tertidur lelap, para warga yang merasakan goncangan tersebut berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Akibat dari gempa bumi, ratusan rumah mengalami kerusakan dan 2 orang tewas.

Gempa juga dirasakan oleh warga Bogor, Depok, Jakarta dan sekitarnya. Mereka merasakan guncangan cukup kencang, terutama para warga yang tinggal di apartemen merasa panik dan berlarian menuju luar gedung.

”Sekejap merasakan pusing. Awalnya enggak yakin kenapa tapi instinct bilang ini gempa. Saya segera telepon petugas keamanan apartemen yang mengonfirmasi sebagian penghuni telah berada di luar gedung. Saat ini sebagian penghuni masih menunggu di luar gedung sambil menghubungi orang-orang yang mereka kenal dan menantikan berita lanjutan terkait gempa,” ujar salah satu penghuni Apartemen L’Avenue di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

Penulis : Suryo Hardiantoro
Editor : Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)