Home News Internasional Presiden Zimbabwe Resmi Mengundurkan Diri

Presiden Zimbabwe Resmi Mengundurkan Diri

79
0
SHARE
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (Foto: Wikipedia)

Diamma.com – Ketua Parlemen Zimbabwe, Jacob Mudenda, menyatakan bahwa Robert Mugabe telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Zimbabwe, Selasa (21/11).

Pengunduran diri penguasa berusia 92 tahun itu ditempuhnya sebelum parlemen Zimbabwe memulai proses pemakzulan terhadapnya.

Malalui surat, Mugabe menyatakan keputusannya tersebut diambil secara sukarela untuk memungkinkan peralihan kekuasan dengan lancar, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

“Saya Robert Gabriel Mugabe berdasarkan pasal 96 konstitusi Zimbabwe dengan ini secara resmi menyampaikan pengunduran diri… dengan segera,” kata Jacob Mudenda saat membacakan surat Mugabe.

Upaya pemecatan Mugabe dan istrinya dari partai penguasa Zimbabwe, ZANU-PF berhasil membuat Mugabe turun dari takhtanya.

Kemudian sesuai konstitusi, jika seorang presiden mundur, maka posisinya akan digantikan oleh wakilnya, tapi karena Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa sudah dipecat, kekuasaan akan diberikan kepada ketua parlemen.

Namun, disebutkan Mnangagwa pun akan kembali dan mengambil alih kursi kepresidenan.

Mudenda mengatakan bahwa langkah-langkah sedang ditempuh untuk menjamin pemimpin baru akan mengambil alih kekuasaan paling lambat Rabu (22/11) waktu setempat.

Kegembiraan pun datang dari dalam gedung parlemen dimana anggota parlemen bersorak-sorak menyambut pengumuman tersebut, begitu pun rakyat yang menari dan membunyikan klakson-klakson kendaraan menyambut berakhirnya rezim Mugabe.

Penulis : Raseysha Andra Dea
Editor: Siti Nurmayani Putri
(Dilansir dari beberapa sumber)