09:55 am - Sunday 22 October 2017

Dhola Sadiya, Jembatan Terpanjang di India Diresmikan

By redaksi16 - Mon May 29, 4:42 pm

  • Comments Off on Dhola Sadiya, Jembatan Terpanjang di India Diresmikan
  • 154 views
  • Email Email

Diamma.com – Pemerintah India telah meresmikan jembatan sepanjang 9.15 km yang dibangun melintasi sungai Lohit. Jembatan yang diberi nama Dhola Sadiya ini menjadi jembatan terpanjang  serta akan menghubungkan negara bagian Arunachal Pradesh dan Assam yang terletak di Timur Laut. Arunachal Pradesh sendiri merupakan daerah sengketa India – China, yang diklaim kedua negara merupakan daerah teritorialnya.

China telah mengklaim bahwa Arunachal Pradesh merupakan bagian wilayahnya yang disebut Tibet Selatan. China pun menolak keputusan India yang mengizinkan pemimpin spiritual dari Tibet yaitu Dalai Lama, untuk mengunjungi negara tersebut. Selain itu, China juga turut memprotes pengembangan infrastruktur militer India yang dibangun di Arunachal Pradesh.

“Cina semakin agresif, sekarang saatnya kita memperkuat infrastruktur fisik untuk mempertahankan wilayah kita,” ujar Menteri Dalam Negeri India Khiren Rijiju.

Rijiju yang juga merupakan penduduk asli Arunachal Pradesh sendiri sebelumnya mengatakan, Arunachal Pradesh adalah bagian dari India dan kenyataan itu tidak akan berubah, terlepas dari ada yang menyukainya atau tidak.

Menteri Dalam Negeri India Rajnath Singh juga menekankan pentingnya pengembangan infrastruktur fisik di negara bagian dalam upaya mempertahankan daerah-daerah perbatasan dengan China.

“India tidak mengembangkan infrastruktur fisik di Arunachal Pradesh selama dua dekade setelah perang 1962 karena banyak yang percaya orang China akan memanfaatkannya jika mereka kembali menyerang. Namun saat ini kita di jalur yang benar,” imbuhnya.

Walaupun banyaknya persoalan yang terjadi, pembangun jembatan yang dirintis sejak tahun 2011 ini selesai dibangun tepat waktu dan mampu menopang tank tempur hingga 60 ton. Jembatan ini juga akan mengurangi waktu tempuh perjalan sebanyak delapan jam bagi masyarakat di kedua sisi sungai.

 

 

 

Penulis : Anastasya Ayu Ferdianti / Foto : VOA Indonesia

Editor : Noviani

(Dilansir dari berbagai sumber)

(Visited 20 times, 1 visits today)
  • Comments Off on Dhola Sadiya, Jembatan Terpanjang di India Diresmikan
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 154 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.