Home Entertainment Gaya Hidup Tips Sehat Saat Berpuasa

Tips Sehat Saat Berpuasa

14
0
SHARE

Diamma.com – Marhaban ya Ramadhan, seluruh umat Muslim kembali merayakan suka cita untuk beribadah puasa. Namun Seperti yang seringkali terjadi, tubuh akan sedikit terasa lemas dan tak bersemangat karena perubahan pola makan. Nah Diammania, Oleh karena itu, simak tips berikut yuk! agar ibadah puasa kalian dapat dijalankan dengan tetap sehat dan bugar!

1. Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa
Biasanya rasa lapar sebelum berbuka membuat kita mengonsumsi banyak makanan sekaligus. Tetapi, hal ini harus dihindari! Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

2. Penuhi serat dan protein di waktu sahur
Sahur menjadi waktu penting dalam menjalankan puasa Ramadan. Pada saat sahur pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein. Serat berguna untuk melancarkan pencernaan Anda setiap harinya. Sehingga tidak ada sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Makanan ini bisa anda temukan dalam telur, yoghurt ataupun kacang-kacangan.

3. Minum Air Putih
Minumlah 2 liter atau 8 gelas perhari untuk mencukupi kekurangan cairan tubuh saar berpuasa. Hindari konsumsi teh atau kopi yang membuat kita cepat haus pada waktu siang hari. Air putih juga dapat mencegah bau mulut pada saat berpuasa karena mampu membuat produksi saliva (air liur) tetap stabil.

4. Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa
Hal ini dapat membantu anda menjaga berat badan selama bulan puasa. Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

5. Hindari kue atau camilan berkalori tinggi
Tentunya di bulan Ramadhan, pasti tersedia banyak makanan ringan atau cemilan yang telah disiapkan. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam mengonsumsi cemilan berkalori tinggi ini jika tidak menginginkan berat badan anda naik setelahnya. Konsumsilah cemilan rendah kalori seperti kurma atau almond sebagai pengganti kue-kue tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian laksanakan selama bulan puasa ini agar tetap memiliki tubuh sehat dan bugar. Semoga bermanfaat, dan Selamat berpuasa!
Penulis: Anastasya Ayu Ferdianti / Foto: Warta Kesehatan
Editor: Latif Munawar

(Dilansir dari berbagai sumber)