Home News Nasional Rencana Anies Untuk Pulau Reklamasi

Rencana Anies Untuk Pulau Reklamasi

2
0
SHARE

Diamma.com – Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan akan memanfaatkan pulau reklamasi yang telah jadi untuk dibangun pelabuhan. Pantai terbuka yang bisa jadi arena rekreasi cuma-cuma juga akan dibuat di pulau hasil pengurukan itu.

“Sudah saya sampaikan ketika debat bahwa kita ingin warga Jakarta punya pantai, kalau di situ ada, berarti (warga bisa) merasakan pantai yg terbuka untuk siapa saja. Itu salah satu contohnya,” ujar Anies.

Rencananya, di pulau yang sudah jadi tersebut juga akan dibangun aneka fasilitas publik lainnya. Untuk merealisasikan rencana itu, Anies-Sandi dibantu tim sinkronisasi yang dipimpin mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said. Tim sinkronisasi akan mengundang berbagai pihak untuk menampung gagasan dalam menolak pembangunan reklamasi salahsatunya para nelayan di pesisir pantai.

“Ini bukan tanah milik Anies dan milik Sandi. Ini milik rakyat Jakarta, oleh karena itu kita ingin ada pelibatan publik,” kata Anies.

Sebelumnya, Sudirman mengatakan tim sinkronisasi akan mengaji bagaimana lahan reklamasi yang sudah terlanjur dibangun untuk kepentingan warga Jakarta. Ia mengatakan akan melakukan hal sesuai dengan janji Anies-Sandi terhadap reklamasi.

“Kami bahkan ingin membuat workshop untuk mengkaji bagaimana sebaiknya isu mengenai reklamasi itu dikelola ke depan,” kata Sudirman.

Sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku akan terus melanjutkan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Beberapa waktu lalu Djarot menggelar rapat yang membahas Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi DKI yang salah satu agenda rapat tersebut kelanjutan reklamasi.

Di sisi lain, pemerintah pusat berencana mengambil alih proyek reklamasi Teluk Jakarta. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan adalah salah satu pejabat yang pro reklamasi.

Menanggapi hal itu, Sudirman belum tahu akan berkomunikasi dengan Luhut atau tidak. Namun ia memungkinkan komunikasi Anies dengan pemerintah pusat mudah lantaran anies mantan menteri.

Dari 17 pulau yang direncanakan dalam proyek reklamasi di Teluk Jakarta, saat ini sudah terbentuk empat pulau yakni Pulau C, D G dan N.

 

Penulis : Latif Munawar / Foto : ANTARA

Editor : Noviani Widyaningrum

(Dilansir Dari Berbagai Sumber)