03:57 pm - Saturday 18 November 2017

Membangun Budaya Literasi Media Melalui Pendidikan Jurnalisme

By redaksi16 - Mon May 01, 12:45 pm

  • Comments Off on Membangun Budaya Literasi Media Melalui Pendidikan Jurnalisme
  • 195 views
  • Email Email

Diamma.com – Pemberitaan kini tengah di hebohkan dengan berita yang setiap kali dipertanyakan kebenarannya. Tak bisa dielak, kini media sosial sudah menjadi sumber berita utama bagi masyarakat. Terbukti oplah koran dan media cetak lainnya sudah menurun drastis dan atau sudah beralih pada media digital. Namun terdapat pula beberapa faktor yang membuat media daring banyak diragukan oleh masyarakat.

Ketidakakuratan dan minim verifikasi merupakan hal yang sering menjadi bahan sorotan ihwal kelemahan media daring. Membuat berita dan mengabarkan berita merupakan kerja jurnalistik, baik itu datang dari media professional, media independen maupun orang perorangan. Tentunya hal ini dilakukan dengan tanggung jawab, dan itulah tiang pembatas antara jurnalisme dan yang bukan.

Berangkat dari kegelisahan itulah Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM) ke-32 hadir, meramu mahasiswa yang khususnya memiliki niatan menjadi wartawan yang handal dan professional sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kegiatan yang mengungsung tema “Membangun Budaya Literasi Media Melalui Pendidikan Jurnalisme” akan menyajikan enam materi yang dikemas dalam tiga hari, yaitu dari tanggal 8 hingga 10 Mei 2017 bertempat di Auditorium Lt.4 Gedung Jendral Soedirman kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Bentuk kegiatan ini berupa seminar dengan memberikan materinya meliputi, yaitu di hari pertama adalah Jurnalisme Dasar dan Kode Etik beserta Teknik Wawancara & Reportase. Di hari kedua ada materi Jurnalisme Data dan Teknik Penulisan Berita. Di hari ketiga Jurnalistik Elektronik dan Jurnalisme Investigasi. Tentunya ke enam materi tersebut akan dibawakan oleh pembicara yang handal dalam bidangnya.

Untuk mengikuti kegiatan ini peserta yang ingin meraup semua materi selama tiga hari cukup membayar Rp 60.000 sebelum hari kegiatan berlangsung, dan tak hanya mendapatkan enam materi saja namun peserta juga akan mendapatkan seminar kit, snack selama tiga hari dan hiburan lainnya. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang juga dan jangan sampai kehabisan kuota!

 

 

 

 

Editor : Noviani

  • Comments Off on Membangun Budaya Literasi Media Melalui Pendidikan Jurnalisme
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 195 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.