Home News China Tawarkan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

China Tawarkan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

3
0
SHARE

Diamma.com – Antusias pelajar Indonesia belajar ke Republik Rakyat China dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kedutaan Besar China untuk Indonesia menggelar sebuah acara sosialisasi di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Jakarta, Rabu (15/3/17). Sosialisasi tersebut mengenai pemerintah China menyediakan 197 beasiswa penuh untuk mahasiswa Indonesia jenjang S1 hingga S3 pada tahun ini. Beasiswa ini merupakan beasiswa tambahan yang diberikan pemerintah China untuk para pelajar di Indonesia.

Menurut Konselor Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Rakyat China Zhou Bin Mahasiswa bisa mengajukan program beasiswa sesuai kebutuhannya dengan 279 pilihan Universitas di China. Beasiswa akan diberikan untuk mahasiswa dari 12 disiplin ilmu, meliputi sains, teknik, agronomi, kedokteran, ekonomi, hukum, manajemen, pendidikan, sejarah, sastra, filsafat, dan ilmu kesenian.

Pemerintah China akan menanggung seluruh biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Bahkan, bagi mahasiswa yang belum mampu berbahasa Mandarin, pemerintah China akan menanggung biaya belajar bahasa selama satu tahun.

“Kami sangat berharap mahasiswa Indonesia bisa mulai mengambil kesempatan beasiswa ini,” Ujar Zhou Bin.

“Kami berharap pelajar yang belajar ke China sepulangnya nanti dapat memberi sumbangan untuk membangun Indonesia agar menjadi lebih kuat,” lanjutnya.

Sejak 2015 Pemerintah China telah memberi beasiswa untuk 15 mahasiswa Indonesia, dan jumlah bantuan terus ditambah hingga 11 kali lipat menjadi 187 beasiswa pada 2016. Acara sosialisasi beasiswa dari Kedutaan China itu dihadiri Wakil Presiden Pusat Bahasa Mandarin UAI Murni Djamal, Dekan Fakultas Sastra UAI Faisal Hendra, dan Direktur Pusat Bahasa Mandarin UAI Huang Bin, bersama para mahasiswa, staf pengajar, dan awak media.

 

 

 

Penulis : Raseysha Andra Dea / Foto : Detiknews.com

Editor : Noviani

(Dilansir dari beberapa Sumber)