Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Olahraga bagi Otak

Manfaat Olahraga bagi Otak

36
0
SHARE

Diamma.com – Olahraga merupakan aktifitas fisik dengan menggerakan anggota tubuh untuk membantu kebugaran jasmani dan rohani. Olahraga setidaknya dilakukan 10 menit setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga, mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang, dan untuk memicu timbulnya perasaan bahagia. Tanpa kita sadari, olahraga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan meningkatkan kemampuan otak.

Beberapa manfaat olahraga terhadap otak seperti:

1.Meningkatkan Kemampuan Otak
Olahraga secara rutin seperti latihan fisik bisa meningkatkan sistem kerja otak dengan baik. Karena bisa menambah jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah ke otak. Hal ini dipercaya dapat memicu reaksi fisik yang lebih baik dan meningkatkan mental.

2.Mengurangi Stres
Olahraga dapat mengurangi kegelisahan dan membantu mengendalikan amarah. Aktifitas seperti aerobic dan yoga, sangat dianjurkan untuk melatih konsentrasi dan lebih cepat mengatasi stres.

Olahraga ringan juga bisa dilakukan seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging. Bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu dapat melakukannya dengan aktifitas yang ringan-ringan saja.

3.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh loh. Melakukan olahraga setiap hari meski tidak terlalu lama dapat meningkatkan hornon yang baik dalam otak. Seperti hormon adrenalin,serotonin, dopamine, dan endorfin. Sangat di anjurkan bagi anda yang sering merasa cepat lelah dan untuk mencegah anda jatuh sakit

Jadi untuk anda yang merasa memiliki waktu kurang untuk melakukan aktifitas olahraga tiap harinya. Olahraga bisa dilakukan secara singkat yakni hanya 10 menit per hari. Walaupun hanya 10 menit per hari, tetap memiliki banyak manfaat.

 

 

Penulis : Adelia Julianty / foto : ceostars.net

Editor : Rian Afri

(Dilansir Dari Berbagai Sumber)