03:51 pm - Saturday 18 November 2017

5 Musisi Jazz Internasional yang Berpengaruh pada Perkembangan Musik Jazz

By redaksi16 - Tue Mar 07, 2:29 pm

  • Comments Off on 5 Musisi Jazz Internasional yang Berpengaruh pada Perkembangan Musik Jazz
  • 543 views
  • Email Email

Diamma.com – Belum lama ini Indonesia kedatangan beberapa musisi jazz internasional dalam acara Java Jazz Festival yang diselenggarakan pada 3 – 5 Maret 2017 di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun, apakah kamu tahu siapa saja musisi jazz paling berpengaruh di dalam perkembangan music jazz internasional?

Inilah 5 musisi jazz yang paling berpengaruh pada perkembangan music jazz Dunia :

1.Louis Amstrong

Louis Amstrong merupakan musisi kelahiran New Orleans pada tanggal 4 Agustus 1901 dan telah wafat pada tanggal 6 Juli 1971 di Queens, New York Coty.

Ia adalah seorang penyanyi, composer dan solois terompet music jazz yang mendapat beberapa macam julukan, salah satunya adalah satchel mouth karena ia memiliki mulut yang lebar. Beliau adalah juga salah satu tokoh penting yang paling berpengaruh di dalam musik jazz dan merupakan tokoh terkenal sebagai inventif terompet ,pemain cornet serta ditambah dengan suara beratnya yang menjadi khas.

Ia juga pernah bergabung dengan Band Olver yang merupakan grup band jazz yang sangat berpengaruh di Chicago. Permainan terompet dan inovasi vocal Louis Amstrong telah digunakan sebagai dasar untuk seni jazz interpretasi vocal dan warna suaranya yang unik dengan suaranya yang menjadi pola dasar music jazz yang banyak dicontoh oleh musisi jazz lainnya.

2.John Coltrane

John William Coltrane atau dikenal dengan nama John Coltrane adalah seorang komposer berkebangsaan Amerika Serikat sebagai pemain saksfond yang lahir di Hamlet, North California pada tanggal 23 September 1926 dan meninggal pada tanggal 17 Juli 1967 di Hutington, California Utara, Amerika.

John Coltrane pertama kali memiliki saksofond ketika ia diberikan oleh ibunya pada tahun 1943 dan ia mulai bermain secara profesional pada tahun 1945 dengan membawakan lagu Cocktail Lounge Trio. Ia adalah musisi yang telah membantu merintis penggunaan mode jazz dan merupakan tokoh terdepan music free jazz. Selama masa karirnya ditahun 1946. Coltrane juga berhasil mendapatkan penghargaan termasuk juga kananosasi oleh gereja ortodoks Afrika sebagai Sint John William Coltrane khusus Pulitzer Price.

3.Miles Davis

Bernama asli Miles Davis Deway III dan lebih dikenal dengan Miles Davis, merupakan pemain terompet musisi jazz asal Amerika Serikat kelahiran 26 Mei 1926 dan wafat pada tanggal 28 September 1991 di Santa Monica, California, Amerika Serikat.
Miles Davis adalah seorang musisi jazz yang paling berpengaruh pada perkembangan music jazz diabad 20-an. Miles merupakan salah satu musisi yang paling inovatif. Beliau adalah salah satu kelompok musik jazz yang berada dibarisan terdepan dalam perkembangan music jazz termasuk Bebop, Cool Jazz, Hard Bop, Model Jazz, Post Bop dan Jazz Fusion.

Miles Davis diakui sebagai salah satu kunci dalam sejarah jazz didalam Rock and Rolll Hall of Fame pada tahun 2006 dan telah meraih penghargaan dari RIAA melalui album bersertifikasi. Album ini juga diakui sebagai harta nasional oleh DPR Amerika Serikat. Banyak musisi- musisi terkenal dan kelompok music dari berbagai genre musik yang telah dipengaruhi oleh Miles Davis, diantaranya adalah pemain saksofond Gerry Mulligan, John Coltrane, Cannonball Adderly, George Coleman dan masih banyak lagi.

4.Gil Evans

Terlahir dengan nama Ian Gilmore Ernest atau dikenal dengan nama Gil Evans, pianis jazz asal Kanada ini juga sebagai arranger , komposer dan juga pemimpin band. Terlahir di Toronto, Kanada pada tanggal 13 Mei 1912 dan wafat pada tanggal 20 Mei1988 di Cuernavaca, Meksiko.

Gil Evans seorang musisi jazz yang mempunyai peran penting dalam perkembangan cool jazz, modal jazz, free jazz dan jazz fusion. Selama karir musiknya, Gil Evans telah berkolaborasi secara efektif dengan Miles Davis dengan album kolaborasinya yang berjudul Miles Ahead, Porgy and Bess serta Sketches of Spam.

Salah satu perannya dalam perkembangan musik jazz bahwa dia termasuk sebagai salah satu musisi jazz yang ikut berpartisipasi dalam pertemuan kelompok musisi jazz yang membahas untuk mengembangkan gaya musik baru diluar dari gaya yang dominan dari Bibop. Gil Evans juga telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah : - Pada tahun 1986, beliau dilantik sebagai Down Beat Jazz Hall of Fame - Mendapatkan Grammy Award untuk Best Jazz Instrumental Performance dengan Big Band pada tahun 1986 - Mendapatkan Grammy Award untuk Best Original komposisi jazz dengan Miles Davis pada tahun 1960

5.Dizzy Gillespie

Dizzy Gillespie adalah seorang pemain terompet jazz, selain itu beliau juga pemimpin band, komponis dan penyanyi jazz berkebangsaan Amerika yang lahir di Cherow, California Selatan pada tanggal 21 Oktober 1917 dan telah meninggal pada tanggal 6 Januari 1993 di Englewood, New Jersey, Amerika.

Bersama dengan Charlie Parker, ia telah memainkan peran yang sangat penting dalam sejarah perkembangan musik jazz dan merupakan salah satu pemeran Afos-Cuban Jazz. Dalam penguasaannya bermain terompet, Dizzy Gillespie sungguh sangat luar biasa, beliau dapat menguasai permainan terompetnya secara menyeluruh sehingga dia dapat dengan mudah melakukan improvisasi dan juga dapat dengan mudah untuk meambahkan lapisan-lapisan harmoni yang kompleks dalam memainkan terompetnya tersebut. Improvisasi permainan terompetnya merupakan hal baru yang sebelumnya belum pernah ada didalam dunia jazz. Dizzy Gellipsie pertama kali melakukan pekerjaan profesionalnya pada saat bergabung dengan Frank Fairfax Orchestra

Itulah ulasan singkat dari 5 musisi jazz yang paling berpengaruh pada perkembangan musik jazz dunia.

 

 

 

Penulis : Monita Sari / Foto : Clipartkid.com

Editor : Noviani

(Dilansir dari bebagai Sumber)

  • Comments Off on 5 Musisi Jazz Internasional yang Berpengaruh pada Perkembangan Musik Jazz
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 543 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.