Home Entertainment Gaya Hidup Masker Alami, Jitu basmi jerawat

Masker Alami, Jitu basmi jerawat

36
0
SHARE

1486560099362Diamma.com – Salah satu masalah yang sering dihadapi remaja hingga dewasa adalah jerawat yang menggangu penampilan. Banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang mengalami masalah kulit yang berjerawat ini. Mulai dari faktor hormon, kebersihan wajah yang kurang dijaga, atau berbagai faktor lainnya.

Banyak metode yang bisa diupayakan dalam membasmi dan mengatasi permasalahan jerawat yang mengganggu ini, diantaranya adalah dengan menggunakan masker alami. Berikut beberapa rekomendasi masker alami yang bisa kalian coba!

1.Masker Madu
Madu memiliki kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikroba yang dapat menyembuhkan bintik merah, infeksi kulit dan juga menyembuhkan luka. Oleh karena itulah masker madu dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Cara membuat masker madu sangatlah mudah. Ambilah satu sendok makan madu, lalu tambahkan perasan jeruk lemon dan gula untuk dijadikan scrub. Cara penggunaanya, usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan sampai merata. Diamkan 15 sampai 25 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin atau air es hingga kulit wajah anda bersih.

2.Masker Tomat
Vitamin C, asam amino, dan vitamin A sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak di bagian kulit wajah sehingga berfungsi dalam mengobati jerawat pada wajah. Cara penggunannya pun cukup mudah. Pertama potong tomat secukupnya, tempelkan pada bagian wajah yang timbul jerawat atau usap-usap potongan tomat pada daerah yang berjerawat tersebut. Biarkan kurang lebih 15 menit dengan terus-menerus mengusap-usapkannya. Tomat alami ini juga berkhasiat untuk mencegah jerawat timbul kembali dengan cara mengusap-usapnya pada bagian bekas jerawat yang telah hilang.

3.Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya, sehingga cocok dijadikan bahan perawatan muka termasuk untuk jerawat. Caranya yaitu, ambil jeruk nipis, setelah itu peras dan sisihkan air perasannya atau sarinya. Oleskan sari jeruk nipis tersebut ke bagian kulit wajah terutama yang berjerawat. diamkan selama 10 menit dan bersihkan. Hindari pemakaian pada kulit wajah yang luka!

4.Masker Mentimun
90 % kandungan timun ialah air. Itulah yang menyebabkan mengapa timun dapat membuat kulit tetap lembap, kencang, dan tidak mengalami dehidrasi. Timun dapat digunakan sebagai bahan perawatan wajah termasuk untuk mengatasi jerawat. Caranya mudah, bersihkan mentimun kemudian iris menjadi beberapa bagian. Oleskan atau gosok perlahan kebagian yang berjerawat. Lakukan secara rutih beberapa menit.

5.Masker Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki sifat seperti antibakteri, antiinflamasi, astringent, dan dapat mengurangi bekas luka. Selain itu dapat merangsang pertumbuhan sel dalam membantu mengobati jerawat. Caranya yaitu, ambil bagian dalam (daging) lidah buaya, pastikan bagian tersebut bersih. Oleskan bagian daging tersebut ke Jerawat anda. Lakukan secara rutin. Biasanya dalam 3 hari jerawat sudah bisa mengelupas.
Jika anda mengalami masalah dengan jerawat di wajah anda, anda bisa menggunakan masker-masker alami tersebut sebagai salah satu pilihan solusi dalam mengatasi jerawat. Ingat! Jangan terlalu sering mengaplikasikan masker ini pada wajah. Cukup 2 kali seminggu, untuk memberi waktu kulit wajah anda untuk beregenerasi. Selamat mencoba!

 

 

Penulis : Anastasya Ayu Ferdianti / Foto : hidupsecarasehat.blogspot. co.id

Editor : Noviani Widyaningrum

( dilansir dari beberapa sumber)