Home Entertainment Gaya Hidup Berkendara Motor Saat Musim Hujan, Coba Gunakan Tips Ini

Berkendara Motor Saat Musim Hujan, Coba Gunakan Tips Ini

33
0
SHARE

tips-berkendara-saat-hujanDiamma.com – Musim hujan di prediksi akan berlangsung hingga beberapa bulan kedepan. Meskipun demikian, para pengendara kendaraan tetap hati-hati dalam mengendarai kendaraannya, terlebih disaat musim hujan ini. Berikut ini tips berkendara saat musim hujan :

1. Gunakanlah ban sepeda motor yang baik dan tidak botak. Jika ban sudah botak sebaiknya segera diganti. Ban seperti itu sangat tidak nyaman untuk dipakai, apalagi saat musim hujan.

2. Turunkan tekanan ban. Saat hujan, tekanan udara pada ban sebaiknya dikurangi. Sebab, dengan kondisi jalanan yang berair, maka tidak seluruh permukaan ban akan menempel pada aspal. Kondisi ini bisa membahayakan bagi pengendara yang lain.

3. Gunakan helm standar. Dengan menggunakan helm standar yang memakai penutup depan, maka air hujan tidak akan mengganggu pemandangan si pengendara.

4. Hidupkan lampu depan saat berkendaraan di musim hujan. Hal ini untuk menunjukkan kepada pengendara lain khususnya dari arah yang berlawanan agar tidak mengambil jalur lain dan tetap berada pada jalurnya.

5. Sediakan selalu mantel atau jas hujan pada jok sepeda motor. Jas hujan atau mantel yang model celana, ataupun yang model terusan. Di saat musim hujan gunakan lah mantel yang model celana.
Sedangkan yang terusan (ponco), bisa mengganggu pengendara lain, karena sering berkibar-kibar di belakang. Kondisi ini bisa menyebabkan si pengendara akan mengalami kecelakaan.

 

 

 

Penulis : Prima Rahmat Putra / Foto : safetyshoes.co.id

Editor : Rian Afri Nando

(Dilansir Dari Berbagai Sumber)