08:19 am - Sunday 19 November 2017

Gempa 7,4 SR Mengguncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

By redaksi16 - Tue Nov 22, 2:18 pm

  • Comments Off on Gempa 7,4 SR Mengguncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan
  • 430 views
  • Email Email

image1Diamma.com – Sebuah gempa dengan kekuatan 7,4 skala Richter (SR) mengguncang timur laut Jepang, dekat Prefektur Fukushima pada pukul 06.00 waktu setempat, Selasa (22/11/16).

Seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Badan Meteorologi Jepang (JAM) memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi tiga meter bisa terjadi menyusul gempa besar ini. Peringatan gelombang tsunami dikeluarkan untuk Prefektur Fukushima pada 2011 lalu menjadi wilayah terdampak bencana tsunami parah yang memicu krisis nuklir terbesar di Jepang pasca-Perang Dunia II.
JAM juga memerintahkan semua warga di sekitar lokasi gempa dievakuasi sekarang. Gempa melanda sebuah wilayah 67km sebelah timur laut dari Iwaki, sebuah kota yang terletak di bagian selatan dari pesisir Hamadori, Prefektur Fukushima, Jepang.

”Peringatan tsunami berlaku saat ini,” bunyi peringatan JAM. Warga di dekat pantai yang belum sempat dievakuasi diminta segera mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.
Menurut peringatan JAM, gelombang tsunami diperkirakan akan terjadi berulang kali dalam waktu dekat di kawasan Fukushima.
”Kerusakan akibat gelombang tsunami bisa diperkirakan. Evakuasi segera dari daerah pesisir dan daerah tepi sungai ke tempat yang lebih aman seperti dataran tinggi atau bangunan lokasi evakuasi. Gelombang tsunami diperkirakan terjadi berulang kali. Jangan meninggalkan lokasi aman sampai peringatan dicabut,” lanjut peringatan JMA.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengeluarkan pesan bahwa tsunami juga berpotensi melanda wilayah lain dari kawasan Pasifik. “Ancaman tsunami untuk bagian lain dari yang kawasan Pasifik yang dekat dengan gempa,”ujar Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Menurut pusat itu, negara bagian Hawaii, AS, tidak terancam tsunami akibat gempa Jepang ini.

Kantor berita NHK, juga mengeluarkan peringatan kepada warga di kawasan pantai Fukushima untuk segera meninggalkan kawasan pantai.

Guncangan atau tremor juga dirasakan di Tokyo. Sejumlah warga yang tinggal di wilayah pesisir segera dievakuasi. Kapal-kapal juga teramati bergerak menjauh dari pelabuhan di Prefektur Fukushima.
Dampak dan korban akibat gempa Selasa ini belum diketahui pasti, namun dilaporkan sejumlah warga mengalami luka ringan.
Sejauh ini, gelombang setinggi 60 cm teramati di Pelabuhan Onahama di Fukushima, demikian dilaporkan NHK Jepang.
 
Penulis : Gitta Asri L / Foto : www.sumawa.com
Editor : Noviani Widyaningrum
Diansir Dari Beberapa Sumber
  • Comments Off on Gempa 7,4 SR Mengguncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 430 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.