Home News Teknologi Mercedes Benz, Akan Ciptakan Mesin F1

Mercedes Benz, Akan Ciptakan Mesin F1

23
0
SHARE

landscape-1472668229-mercedes-benz-vision-gran-turismo-concept-2013-1600-02Diamma.com – Mobil asal Jerman Mercedes Benz, sepertinya sudah tidak bisa diragukan lagi. Pasalnya, pabrik mobil mewah ini pernah menciptakan mesin ganas seperti CLK GTR, SLR Mc Laren, AMG GTS dan sudah menjadi bukti cukup kuat.

Bahkan, saat ini Mercedes Benz adalah raja di kancah F1. Untuk itu, membuat sebuah hypercar dengan segala riset dan teknologi dari balap F1. Mercedes Benz sepertinya boleh dicoba, meski banyak orang yang melihatnya terkesan berlebihan.

Seorang anggota tim F1 Mercedes-AMG Petronas sudah mengonfirmasi, Mercedes Benz akan membuat hypercar hybrid dan memakai mesin F1. Berdasarkan percakapan antara tim F1 Mercedes dengan majalah Evo di GP Belgia beberapa bulan lalu, hypercar berkode R50 ini sudah dalam tahap final desain dan selanjutnya menuju perancangan di dunia nyata, termasuk pengujian di jalanan dan sirkuit.

Mesin hypercar Mercedes Benz ini akan memakai mesin 1.600 cc V6 turbo yang sama dengan mobil F1 Mercedes AMG sekarang. Total tenaga ada di kisaran 1.000-1.500 hp, di mana 900 hp dari mesin bensin, sisanya dari mesin listrik.

Menjadi hal berat yang harus dikerjakan bagi tim Mersedes yakni engineer Mercedes dan AMG untuk mengubah mesin F1 agar cocok dipakai di jalan raya. Pertama, soal starter mesin, karena jika mobil F1 pakai starter eksternal, mobil hypercar ini harus punya dinamo starter internal seperti mobil normal lain.

Tantangan kedua adalah soal karakter mesin yang harus menghadapi kondisi yang beda. Di F1, mesin akan dipacu terus sampai batas maksimal, sementara di dunia biasa, ada kalanya mesin akan dipakai untuk jalan santai.

Berikutnya soal daya tahan, karena mesin F1 usianya tidak panjang jika dibanding mesin mobil normal, sehingga mungkin ada penggantian material mesin. Kemungkinan lain adalah kapasitas mesin dinaikkan jadi 2.000 cc serta penambahan 1 turbo lagi, semuanya demi daya tahan yang bagus.

Transmisi baru juga akan dikembangkan, agar bisa digunakan untuk penggunaan santai dan responsif saat dipakai di sirkuit. Bobot hypercar ini diusahakan ada di kisaran 1 hingga 1,3 ton, dengan penggunaan bahan carbon fiber dan aluminium.

Diperkirakan, publik boleh melihat wujud mobil ini pada ulang tahun AMG ke-50 di tahun depan. Apa tanggapan mu tentang mobil hypercar Mercedez Benz ini, silahkan tulis dikolom komentar.

 

Penulis : M Taufiq Wicaksono

(Dikutip Dari berbagai Sumber)