06:59 pm - Friday 22 September 2017

KFX/IFX, Pesawat Tempur Indonesia dan Korea Selatan Generasi 4.5

By redaksi15 - Thu Jan 07, 8:05 pm

  • Comments Off on KFX/IFX, Pesawat Tempur Indonesia dan Korea Selatan Generasi 4.5
  • 867 views
  • Email Email

image1Diamma.com – Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat membangun Jet tempur bersama. Proyek pengembangan pesawat tempur tersebut bernama Korea Fighter Xperiment / Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) generasi 4.5.

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akan mengirim bertahap sekitar 300 Insinyur pesawat ke fasilitas milik Korea Aerospace Industries (KAI), Korea Selatan (Korsel). Setelah itu proses produksi dilakukan di negara masing-masing.

Jet tempur generasi 4.5 ternyata dirancang mengungguli fighter atau jet tempur yang ada saat ini yakni diatas F-16, F-18, Sukhoi-35, Dassault Rafale hingga EurofighterTyphoon. Pengembangan Jet tempur tersebut akan dimulai kembali dengan tahapan Engineering and Manufacturing Development (EMD).

Dengan generasi 4.5, Jet tempur karya Indonesia dan Korsel ini memiliki teknologi semi stealth atau kemampuan yang bisa mengecoh radar musuh. Teknologi ini mirip dengan pesawat siluman F-22 milik Amerika Serikat (AS). “Secara struktur, pesawat ini punya teknologi stealth atau teknologi siluman yang ada di generasi ke-5,” Ujar Direktur Utama PTDI, Budi Santoso.

Pengembangan jet tempur ternyata tak berhenti disitu. Indonesia dan Korsel bisa saja menaikkan kemampuan pesawat menjadi generasi 5 seperti F-22. “Dengan mulai 4.5, kita nantinya bisa masuk ke generasi 5. Ini penting setelah punya kemampuan updating system dan lain-lain di pesawat,” tambah Budi.

 

Reporter : Evelyn Abigail Glory / Foto : mmindustri.co.id

Editor : Gitta Asri L

(Dikutip dari berbagai sumber)

(Visited 216 times, 1 visits today)
  • Comments Off on KFX/IFX, Pesawat Tempur Indonesia dan Korea Selatan Generasi 4.5
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 867 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.