Home Entertainment Gaya Hidup Malas Berganti Pakaian Usai Olahraga, Ini Akibatnya

Malas Berganti Pakaian Usai Olahraga, Ini Akibatnya

30
0
SHARE

people-runningDiamma.com – Menggunakan pakaian yang nyaman saat olahraga sangatlah penting, selain tubuh merasa nyaman juga membuat diri lebih mudah saat melakukan gerakan yang sulit. Banyak orang yang menganggap bahwa membersihkan badan seusai olahraga atau berkeringat dapat membuat tubuh berjamur, sehingga alasan di atas dapat membuat orang urung membersikan diri setelah berketingat.

Namun sayang, anggapan di atas justru salah, membiarkan tubuh berkeringat setelah olahraga tanpa langsung mengganti pakaian yang dikenakan akan membawa bahaya bagi tubuh, terlebih pakaian yang digunakan bersifat ketat, contohnya seperti legging.
Di bawah ini adalah beberapa akibat yang ditimbulkan malas berganti pakaian setelah berkeringat :

  1. Infeksi folikel di kulit
    Saat gesekan tersebut membuat pori terbuka dan bakteri masuk, maka folikel akan berubah menjadi sekelompok benjolan merah kecil menyerupai jerawat pada kulit. Bentuk lain dari infeksi ini adalah bisul.
  2. Berjamur
    Saat spora bisa menembus legging atau pakaian olahraga lalu diberi ruang lembab untuk berkembang, maka jamur bisa dengan cepat menyebar ke selangkangan, pangkal paha, lalu menimbulkan gatal dan iritasi.
  3. Gatalnya Miss V
    Kurangnya sirkulasi udara bisa membuat Miss V menjadi lembab, gatal, dan berbau bila tak segera dibersihkan usai olahraga. Terlebih bila Anda mengenakan pakaian yang tertutup terlalu lama usai olahraga tanpa menggantinya.
  4. Iritasi kulit pada bagian lipatan
    Ini adalah kondisi peradangan yang sangat umum terjadi pada daerah kulit yang bergesekan, seperti selangkangan, ketiak, bawah payudara, dan bagian lipatan lain. Dalam kondisi basah atau berkeringat, gesekan sangat rentan membuat kulit iritasi dan terluka.

    Bagaimana Diammania, cukup mengerikan ya akibat yang ditimbulkan jika kita malas bergegas mengganti pakaian usai olahraga. Jadi mulai saat ini hilangkan rasa malas, lalu bergegas berganti pakaian setelah berkeringat.

 
Reporter : Ledya Maulidina S / Foto : fimela.com
Editor : Rosa Febryanty Razak

(Dikutip dari berbagai sumber)