Home Entertainment Gaya Hidup Mencegah Obesitas Pada Anak

Mencegah Obesitas Pada Anak

304
0
SHARE

obesitas-pada-anak

Diamma.com – Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, anak yang sehat pun menjadi dambaan bagi semua orang tua. Dari kebanyakan orang tua khususnya ibu di dunia, beranggapan bahwa anak yang sehat adalah anak yang memiliki tubuh besar atau gemuk. Padahal, tumbuh kembang anak yang baik bukan dilihat dari seberapa besar tubuh anak tersebut.

Berat badan ideal pada anak perempuan usia 0-1 tahun berkisar 2,4-7 kg, umur 2 tahun 9 kg, umur 3 tahun 10,8 kg, 4 tahun 12,3 kg dan 5 tahun 13,7 kg. Sedangkan pada anak laki-laki, perbedaannya sekitar 1-2 kg, Tapi tidak dipungkiri bisa saja melebihi dari angka tersebut.

Namun, berat badan yang berlebihan atau obesitas pun tidak baik bagi si anak. Obesitas merupakan suatu kondisi medis dimana tubuh kelebihan berat badan akibat dari penumpukan lemak dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Obesitas tidak hanya diderita oleh orang dewasa, tetapi anak-anak pun dapat menderita penyakit tersebut. Jika anak menderita obesitas, maka anak tersebut dapat terkena penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kolestrol bahkan gangguan pernafasan. Agar anak terhindar dari obesitas, berikut beberapa cara untuk menghindarinya :

  1. Selalu perhatikan pola makan, porsi, serta kadar gizi yang diasup oleh anak2.
  2. Usahakan anak selalu bergerak, tujuannya adalah untuk membakar energi yang telah diterimanya.
  3. Perkenalkan dan berikan pengertian tentang makanan yang sehat kepada si anak.
  4. Biasakan sarapan dan membawa bekal ke sekolah.
  5. Tidur lebih awal

Itulah beberapa cara untuk menghindari obesitas pada anak. Semoga bermanfaat.

 

Reporter : Rosa Febryanty Razak / Foto : pondokibu.com

Editor : Rachma Putri Utami

(dikutip dari berbagai sumber)