09:30 am - Saturday 19 August 2017

Dua Kepercayaan Dalam Satu Tempat

By redaksi14 - Tue Feb 24, 12:51 pm

  • Comments Off on Dua Kepercayaan Dalam Satu Tempat
  • 1132 views
  • Email Email

IMG-20150222-WA0000Diamma.com – Bagi kalian yang akan mengunjungi negara Turki, ada salah satu tempat yang wajib untuk didatangi karena keunikannya. Tempat tersebut yaitu Museum Hagia Sopia. Museum yang berlokasi di Istanbul itu merupakan perpaduan dari gereja dan masjid.

Keunikan dari museum tersebut ialah ornamen gereja yang masih terlihat jelas meskipun tempat tersebut pernah dijadikan masjid. Salah satu ornamen yang ada di atap bangunan adalah lukisan Bunda Maria yang berada diantara tulisan kaligrafi Allah dan Muhammad.

Pada zaman Bizanthium, Hagia Sopia merupakan gereja Orthodoks. Namun, semenjak Dinasti Usmaniah berhasil merebut Kota Konstatinopel, Hagia Sopia kemudian berubah menjadi masjid yang di dalamnya ditambahkan kaligrafi arab dan tempat imam masjid.

Hagia Sopia terdiri dari dua lantai dan beberapa pintu masuk besar yang berbentuk “U” terbalik. Pada lantai dua, pengunjung dapat lebih banyak melihat ornamen gereja yang menghiasi dinding-dinding dibandingkan dengan lantai satu.

Tugul salah satu tour guide menjelaskan bahwa pihak museum melakukan pembersihan serta perbaikan setiap empat tahun sekali demi menjaga bangunan tersebut. “Setiap empat tahun sekali dilakukan perbaikan, karena di sebagian lukisan terdapat jamur,” jelasnya. Meskipun begitu, masih ada bagian bangunan yang tidak diperbaiki agar pengunjung dapat melihat bukti asli peninggalan sejarah tersebut.

Untuk melihat keunikan Hagia Sopia, wisatawan dapat membayar tiket masuk sebesar 30 lyra atau sekitar Rp 225.000. Penasaran? Jangan lupa kunjungi Museum Hagia Sopia untuk melihat dua kepercayaan dalam satu tempat.

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Fotografer : Nur Silmi Istiqomah

Editor : Rosa Febryanty Razak

(Visited 69 times, 1 visits today)
  • Comments Off on Dua Kepercayaan Dalam Satu Tempat
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 1132 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.