Home News Kota Teraman Versi Ahli Ekonomi Dunia

Kota Teraman Versi Ahli Ekonomi Dunia

1
0
SHARE

052305900_1422421119-CaptureDiamma.com – Survei dari Economist Intelligence Unit terhadap 50 kota di dunia telah menempatkan Tokyo sebagai kota teraman di dunia, sedangkan ibu kota Indonesia yaitu Jakarta menempati posisi terakhir. Survei tersebut didapat berdasarkan 40 indikator kuantitatif dan kualitatif yang terbagi dalam empat kategori yaitu keamanan digital, jaminan kesehatan, infrastruktur dan personal.

Setelah Tokyo yang dinilai secara keseluruhan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Di posisi kedua ditempati oleh Singapura yang kurang tiga poin dari Tokyo. Dan posisi ketiga ditempati kota yang berada di Jepang juga yakni Osaka.

Penilaian keamanan digital dapat dilihat dari kualitas keamanan cyber tiap kota. Pada bidang jaminan kesehatan dilihat juga dari rata-rata usia harapan hidup warga kota tersebut. Di bidang infrastuktur, kualitas jalan dan jumlah orang yang meninggal akibat bencana alam juga diperhitungkan. Dan untuk keselamatan pribadi dilihat dari jumlah kejahatan kekerasan.

Pada Agustus lalu, basis penduduk yang ada di Jakarta mendekati 30 juta jiwa. Banyaknya penduduk yang tidak disertai dengan tingkat keamanan yang memadai serta infrastuktur yang mendukung membuat Jakarta berada di posisi tiga terbawah dari 50 kota yang di survei.

Berikut 10 besar kota teraman di dunia:
1. Tokyo, Jepang
2. Singapura, Singapura
3. Osaka, Jepang
4. Stockholm, Swedia
5. Amsterdam, Belanda
6. Sydney, Australia
7. Zurich,Swiss
8. Toronto, Kanada
9. Melbourne, Australia
10. New York, Amerika Serikat.

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Foto : google

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai sumber)