03:56 pm - Saturday 18 November 2017

Pemakaman Unik di Toraja

By redaksi14 - Sat Dec 27, 5:59 pm

  • Comments Off on Pemakaman Unik di Toraja
  • 985 views
  • Email Email
peti mayat yang diletakkan di dalam tebing

peti mayat yang diletakkan di dalam tebing

Diamma.com – Tana toraja, merupakan sebuah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan. Tana Toraja memiliki kebudayaan yang cukup menarik untuk dijumpai dan bisa menjadi salah satu pilihan tempat liburan bagi yang ingin memacu adrenalin.

Untuk menuju ke Toraja, anda bisa menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Sultan Hasanudin. Setelah itu anda bisa langsung naik kendaraan jalur darat seperti bis umum dan turun di Tana Toraja. Memerlukan waktu sekitar 7 – 8 jam untuk sampai di Tana Toraja.

Memiliki daya magis yang tinggi membuat Toraja menjadi salah satu tempat yang berbeda. Terkenal dengan cara pemakaman yang unik, mulai dari mayat yang tidak di kubur dan ditaro di atas tebing tinggi, hingga tengkorak manusia yang menunjukan sisi misteriusnya.

Memotong kerbau dan babi sudah menjadi acara adat yang harus dilakukan saat adanya kematian di suku Toraja untuk menghormati mendiang tersebut. Pemotongan kerbau dan babi pun tidak sembarangan, biasanya semakin banyak yang dipotong berarti semakin tinggi kasta mayat tersebut.

Jika anda berkunjung ke Tana Toraja, sempatkanlah diri untuk melihat uniknya prosesi pemakaman tersebut. Anda dapat melihat makam goa purba di Londa yang menjadi salah satu ikon disana.  Intan salah satu wisatawan asal Jakarta mengatakan bahwa Londa adalah salah satu pembuktian dari kekayaan budaya di Tanah Toraja. “Londa itu bukti dari kekayaan budaya yang dimiliki Toraja,” ujar mahasiswi hukum semester akhir ini.

Tertarik menjadikan Tana Toraja sebagai destinasi liburan anda?

 

Reporter : Rosa Febryanty Razak / Fotografer : Rosa Febryanty Razak

Editor : Rachma Putri Utami

  • Comments Off on Pemakaman Unik di Toraja
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 985 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.