Home News Ahok Akan Pangkas Anggaran

Ahok Akan Pangkas Anggaran

38
0
SHARE

headshot-Basuki-Tjahaja-Purnama-ahokDiamma.com-Gerakan penghematan sedang digalakkan Ahok dengan penghematan serta pengeluaran yang bisa dipangkas mencapai triliunan rupiah. Ahok, sapaan akrab Gubernur DKI Jakarta Basuki. T.Purnama, menargetkan Pemprov DKI bisa menghemat hingga Rp2,3 triliun di tahun 2015 dengan melakukan pemotongan berbagai anggaran yang dianggap tidak diperlukan,
“caranya dengan potong semua honor, honor rapat, honor acara, honor segala macam,” ujar Ahok.

Tiga penghematan yang akan dilakukan Ahok adalah hemat konsumsi, potong honor, dan sewa mobil dinas. Penghematan anggaran dengan memangkas pengeluaran untuk minuman yaitu teh manis dan makanan ringan (snack) dalam setiap rapat, ” kita mesti lihat yang sewajarnya. Kita juga curiga, biasa ada acara bilangnya 500 orang kuenya disiapin 500. Sebenarnya yang datang cuma 100-200 orang, jangan-jangan si panitia juga sudah tahu kalau yang datang 100-200 orang nih cuma bilangnya 500, 300-nya lagi jadi cash,” ujar Ahok.

Selain itu penghematan yang ketiga merupakan sewa mobil dinas, Ahok akan menerapkan sistem sewa mobil dinas untuk kepala dinas dan anggota DPRD DKI Jakarta. Aturan itu demi memangkas biaya perawatan yang belaku juga untuk pejabat eselon. Jika biasanya Pemprov DKI Jakarta selalu mengeluarkan anggaran untuk membeli mobil, kali ini para PNS DKI diberikan tunjangan transportasi dengan nilai bervariasi mulai Rp 4,5 juta hingga Rp 9 juta. Menurut Ahok, anggota dewan boleh memilih. “Pokoknya mereka suruh memilih barang (mobil dinas) atau uang, soalnya sama saja,” ujarnya.

Dikutip dari berbagai sumber

Reporter: Gabriella Andina

Edito: Dewi Savitri