Home Kampus UKM Agrawitaka Bekali Pengetahuan Pada Anggota Muda

UKM Agrawitaka Bekali Pengetahuan Pada Anggota Muda

468
0
SHARE

20141119_181400Diamma.com-Dalam rangka penerimaan anggota baru, UKM Agrawitaka adakan simulasi materi lapangan yang akan dilaksanakan pada tgl 21 – 23 November mendatang di Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 22 anggota muda Agrawitaka yang sebelumnya sudah medaftarkan diri dan memutuskan untuk bergabung dengan UKM Agrawitaka. Tak hanya latihan fisik, para anggota muda Agrawitaka juga diajarkan berbagai macam pengetahuan lainnya seperti simulasi materi lapangan.

Simulasi lapangan tersebut merupakan kegiatan yang diberikan oleh para senior di UKM Agrawitaka kepada para anggota muda untuk dapat mempersiapkan diri, sehingga simulasi ini dibuat seakan-akan para anggota muda berada pada kondisi lapangan sebenarnya. Simulasi tersebut antara lain, sosialisasi pedesaan yang mengajarkan para anggota untuk dapat saling berinteraksi dengan masyarakat setempat dengan baik, navigasi darat berupa pelatihan untuk mempelajari teknik dalam menentukan posisi suatu objek dan arah perjalanan serta kemampuan memahami peta.

Tak hanya itu, search and rescue juga diajarkan dalam pelatihan ini, gunanya yaitu untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan secara tepat dan aman terhadap personil materil yang mengalami kecelakaan. Jika ketiganya sudah dipelajari dan disimulasikan, maka satu hal lagi yang tak kalah penting untuk dipelajari adalah materi tentang survival atau bertahan hidup. Sesuai dengan namanya, survival merupakan suatu cara bertahan hidup di hutan jika seseorang tersesat dalam melakukan pendakian. Dalam simulasi kali ini yang dapat disimulasikan dalam anggota muda adalah pembuatan bivak atau tempat berlindung, pengenalan bahan makanan yang dapat dikonsumsi serta pengolahannya, pembuatan trap atau jebakan binatang serta pembuatan api.

Pasya, selaku komandan operasional mengatakan tujuan dibuatnya pelatihan ini agar para anggota muda bisa dapat memperoleh pengetahuan lebih tentang bagaimana tata cara mendaki gunung dengan baik dan aman. “Semoga dalam pelaksanaan simulasi materi lapangan ini dapat maksimal, guna menambah pengalaman dan menjadikan kegiatan yang tepat bagi anggota muda untuk mematangkan materi yang diberikan dan memahami lapangan dengan baik,”tutupnya.

 

Reporter :Sofiando Finailyawan/ Fotografer : Hafdal Syahputra

Editor: Fitriana Hidemi