Home Entertainment Budaya Hiddenpark, Sosialisasikan Pentingnya Taman Kota Pada Masyarakat

Hiddenpark, Sosialisasikan Pentingnya Taman Kota Pada Masyarakat

31
0
SHARE

1411308691227Diamma.com – Jakarta merupakan kota yang terbilang minim keberadaan ruang terbuka hijaunya, berdasarkan UU No. 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang, mengidealkan sebuah kota memiliki 30% ruang terbuka hijau, sedangkan Jakarta baru memenuhinya kurang lebih 10% ruang terbuka hijau (RTH). Hal inilah yang mendasari Hiddenpark, sebuah gerakan kreatif urban untuk pengaktifan taman kota dan RTH di Jakarta. Kampanye gerakan yang aktif sejak tahun 2012 tersebut memiliki tujuan utama yaitu terus mengangkat isu ruang terbuka hijau sehingga bisa menambah taman kota yang ada di Jakarta menjadi 30%.

Pada tanggal 20-21 September 2014, Hiddenpark kembali menggelar kampanye gerakan taman kota yang bertemakan “Sharing Happiness”, setelah sebelumnya acara digelar di Taman Menteng dan Taman Langsat Barito, tahun ini acara digelar di Taman Tanjung Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Acara yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi taman kota tersebut ditujukan untuk anak-anak dan keluarga. “Sebenernya kan fungsi taman kota itu banyak sekali, tapi sederhananya kita mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagian dengan bersosialisasi tentang pentingnya taman kota bagi kita dan menikmati seni di taman kota,” ujar Dilla selaku Program Manager Hiddenpark.

Beberapa kegiatan menjadi rangkaian acara selama dua hari, diantaranya sesi up-cycle workshop kertas, plastik, dan baju bekas dari komunitas Si Dalang, sesi recycle workshop untuk anak-anak dari komunitas Si Bocah, belajar bermain gitar dari komunitas Kelas Gitar Gratis, perpustakaan terbuka, dan Melodies for Park.

Nadine Zamira, selaku Campain Manager HiddenPark mengatakan bahwa nama melodies for park dipilih untuk acara konser taman dengan tujuan untuk memberikan suasana nyaman dan menyenangkan di taman kota sekaligus diiringi alunan musik dari para musisi. “Kolaborasi yang dilakukan para musisi ini juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa profesi apapun dapat berkontribusi untuk menggerakkan kebiasaan bertaman dan bersama-sama menjaga taman kota di Jakarta,” tutup Nadine.

 

Reporter : Siti Farhani / Fotografer : Siti Farhani

Editor : Rachma Putri Utami