08:23 am - Sunday 19 November 2017

Debat Terbuka Jadi Ajang Adu Pikiran Para Kandidat

By redaksi13 - Thu Jun 12, 12:38 am

  • Comments Off on Debat Terbuka Jadi Ajang Adu Pikiran Para Kandidat
  • 931 views
  • Email Email

IMG_20140611_150942Diamma.com – Rabu (11/06/2014) tepat pukul 15.00 WIB debat terbuka para kandidat calon Ketua Senat mahasiswa fakultas kedokteran gigi UPDM(B) yang bertempat di lt. 1, kampus II, UPDM(B) dimulai. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian KPLK untuk mencari Ketua Senat periode selanjutnya.

Debat terbuka tersebut terbagi menjadi lima segmen dimana para kandidat dipersilahkan untuk menyampaikan  visi-misi, menjelaskan program kerja yang akan mereka canangkan, menjawab pertanyaan dari para panelis serta mahasiswa, sesi argumen antar kandidat serta diakhiri dengan kalimat penutup.

Ganesa, Kandidat no. 1 dari kubu biru dipersilahkan untuk presentasi tentang program kerja yang ingin dicanangkan, dirinya menyampaikan bahwa dia berjanji akan mewadahi mahasiswa/mahasiswi dalam bidang ilmiah, seperti karya ilmiah dan jurnal kedokteran. Rayhan M sebagai kandidat no.2 ini menjanjikan bahwa ketika ia terpilih makan dirinya akan mencanangkan program training untuk mahasiswa preklinik dan mahasiswa klinik mengenai ilmu kegawatdaruratan.

Setelah penyampaian visi-misi serta program kerja, acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan. Lenie Dahliana salah satu panelis bertanya mengenai apa motivasi setiap kandidat untuk berani mencalonkan diri sebagai Ketua Senat. Rayhan pada saat itu dipersilahkan menjawab terlebih dahulu, “ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menerapkan pengalaman-pengalaman saya dalam organisasi,” katanya. Lain halnya dengan Ganesa, dirinya menilai bahwa motivasinya menjadi Ketua Senat adalah membawa FKG kearah yang lebih baik, “untuk membawa perubahan dan mewadahi mahasiswa/i dalam bidang ilmiah,” jawabnya.

Supporter dari masing-masing kubu pun saling mendukung para calon kandidat mereka, hal itu pun sempat menjadi ramai tak terkendali. Terbukti ketika Malik Hanro Agam selaku moderator berulang kali mengingatkan para supporter dari tiap kandidat untuk menenangkan diri selama para kandidat sedang menyampaikan pendapatnya.

Selain dihadiri mahasiswa umum dan beberapa panelis, Diah Indriastuti selaku Wadek III juga turut hadir dalam acara tersebut. Ditemui seusai acara selasai, beliau mengungkapkan tanggapan dan sarannya kepada diamma.com, “para kandidat menyampaikan program terlalu eksternal dan lebih baik mereka bina dulu internal FKG nya,” ujarnya. Beliau berharap agar seluruh mahasiswa UPDM(B) dapat terlibat dalam Senat, “sebaiknya kepengurusan dari mahasiswa klinik (Co-Assistance-RED) juga bisa masuk dalam jajaran senat supaya tidak ada gap antara mahasiswa pre-klinik dengan mahasiswa,” harapnya.

Selain itu, Ketua Pelaksana KPLK 2014, Birgitta Ajeng Filonita, mengaku senang karena debat yang diselenggarakan KPLK berjalan dengan lancar, “kedua calon aktif menjawab dan menanggapi pertanyaan. Selain itu, semua segmen berjalan dengan baik dan lancer, semua maksud dari acara ini tersampaikan,” ungkapnya.

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Fotografer : Nur Silmi Istiqomah

Editor : Zeldjian Poetera Athallah

  • Comments Off on Debat Terbuka Jadi Ajang Adu Pikiran Para Kandidat
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 931 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.