Home Entertainment Gaya Hidup High Heels, Baguskah Untuk Kesehatan?

High Heels, Baguskah Untuk Kesehatan?

463
0
SHARE

diammaDiamma.com – Penampilan merupakan hal yang penting bagi manusia, terutama bagi kaum hawa. Demi kesempurnaan penampilan terkadang mereka rela menyakiti bagian tubuhnya seperti saat mereka menggunakan high heels.

High heels atau sepatu hak tinggi merupakan salah satu tren dunia fashion yang sangat digemari oleh para wanita di dunia. Banyak wanita yang mengenakan high heels dengan tujuan menambah kesan anggun saat mereka berdiri dan berjalan. Kitten heels, pump shoes, stiletto, dan wedges merupakan beberapa nama model dari sepatu hak tinggi.

Begitu banyak wanita yang menyukai high heels, salah satunya Fany mahasiswi Universitas Mercu Buana, dirinya mengatakan bahwa sering menggunakan high heels untuk pergi kuliah karena menambah percaya diri dan kesan tinggi bagi tubuhnya, “sering banget  pakai untuk kuliah dan pergi ke pesta karna emang nambah tinggi dan pede saat dipakai,” ujarnya.  Namun, berbeda dengan Shinda yang merupakan karyawati disalah satu perusahaan swasta Jakarta, Shinda lebih suka menggunakan flat shoes dan hanya menggunakan high heels saat bekerja.

Penggunaan high heels sebenarnya kurang baik bagi kesehatan tubuh, menurut penelitian terbaru yang dikutip dari tempo.co dan tinggibadan.com , sebanyak kurang lebih 90% perempuan mengalami masalah pada kakinya setelah menggunakan sepatu hak tinggi. Bentuk sepatu yang memiliki hak tinggi dan menyempit di bagian ujungnya tersebut menimbulkan beberapa masalah dan penyakit bagi tubuh. Beberapa masalah dan penyakit tersebut yaitu :

  1. Bunions

Merupakan masalah pada kaki yaitu munculnya sebuah benjolan di sisi sendi tulang ibu jari kaki. Benjolan tersebut berkembang ketika persendian ibu jari kaki melebar dan berbelok ke arah jari telunjuk dan menyebabkan rasa nyeri.

  1. Corns

Corns adalah terjadinya penebalan kulit yang disebabkan oleh gesekan ber ulang pada sepatu. Corns sering terjadi bersamaan dengan bunions.

  1. Hammer Toe

Kondisi dimana ujung jari kaki, biasanya jari kedua, yang dipaksa turun oleh sepatu dan dapat mengakibatkan perubahan bentuk (deformitas).

  1. Postur Tubuh

High heels akan mendorong pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul dan tulang belakang tidak lagi sejajar dan bila dilihat dari samping akan terlihat melengkung.

  1. Tumor Jinak

Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat yang akan menimbulkan rasa sakit serta mati rasa pada jari.

Pilihlah sepatu yang nyaman, dan gunakan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

 

 

Reporter : Rosa Febryanty Razak / Foto : google.com

Editor : Rachma Putri Utami