Home Entertainment Gaya Hidup Tips-Tips Berlatih Roller Blade Bagi Pemula

Tips-Tips Berlatih Roller Blade Bagi Pemula

127
0
SHARE

foto liputan 2Diamma.com – Roller Blade adalah olahraga yang bermodalkan sepatu roda untuk melakukannya. Gelora Bung Karno dipilih sebagai tempat latihan rutin atlet-atlet terbaik se-DKI dalam cabang olahraga roller blade. Atlet-atlet tersebut tergabung dalam pelatihan daerah DKI (Pelatda DKI).

Faisal Norman selaku pelatih menjelaskan bahwa atlet-atlet tersebut dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan PON 2016 yang akan dilaksanakan di Jawa Barat. Mereka berlatih rutin empat kali seminggu setiap Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu selama dua jam tiap harinya.

Bagi sebagian orang yang masih awam, roller blade dianggap memerlukan teknik rumit dan butuh keahlian khusus untuk memainkannya. Padahal hanya dengan bermodal sepatu roda dan keinginan berlatih kita bisa memainkan olahraga tersebut.

Berikut tips-tips berlatih roller blade bagi pemula yang dibagikan oleh Faisal Norman:

1. Pemanasan
Latihan stretching dasar diperlukan. Lakukan pemanasan bagian tubuh bagian bawah seperti kaki, paha dan betis.

2. Keseimbangan
Menjaga keseimbangan merupakan faktor yang sangat penting. Sebagai pemula kita bisa berlatih dengan peralatan seadanya. Cukup berlatih berdiri dengan satu kaki menggunakan sepatu olahraga yang kita miliki. Kalau sudah berlatih berdiri satu kaki lanjutkan dengan berlatih meluncur. Luncuran yang benar dan maksimal adalah ketika satu kaki yang belakang menekan dan satu kaki yang depan meluncur.

3. Memakai Body Protector
Untuk para pemula jangan lupa gunakan pengaman siku dan helm. Hal ini sangat dibutuhkan untuk keamanan dalam bermain roller blade. Tapi untuk para atlet, pelindung siku tak diperlukan lagi karena akan mengganggu keluwesan dalam bergerak.

 

 
Ditulis Oleh : Astie Irena (calon anggota LPM Diamma) / Fotografer : Ledya M.

Editor : Rachma Putri Utami