02:10 pm - Saturday 21 October 2017

Mau Makan Mulu? Ini Alasannya

By redaksi13 - Sat Dec 21, 11:37 pm

  • Comments Off on Mau Makan Mulu? Ini Alasannya
  • 1590 views
  • Email Email
ilustrasi saat seseorang lapar

Ilustrasi saat seseorang lapar

Diamma.com – Padatnya aktivitas sehari-hari sering kali menjadi alasan untuk selalu makan, apalagi bagi mahasiswa yang suka berlama-lama di kampus, hobi ngemil dan makan padahal beberapa saat sebelumnya mereka sudah makan.

Hal tersebut sering kali terjadi pada kalangan mahasiswa yang sering “nongkrong” di sekitar kampus atau berada di tempat lain untuk bersantai sambil mengerjakan tugas atau hanya ngobrol bersama teman-temannya. Mereka kerap kali merasa lapar padahal belum lama mereka baru selesai makan.

Diani Risya salah satu mahasiswa mengatakan bahwa dirinya sering merasa lapar padahal belum lama dia selesai makan, “gue bawaannya mau makan mulu, udah makan nasi rame sama es teh manis eh belum ada 1 jam gue udah laper lagi dan makan mie ayam” ujarnya.

Berikut beberapa alasan kenapa selalu merasa lapar:

1. Banyak Mengkonsumsi Soda

Minuman bersoda ataupun yang berkarbonasi biasanya menggunakan pemanis tambahan yang cukup banyak. Penelitian yang dilakukan di University of California, San Francisco menyatakan bahwa kandungan fructosa (pemanis dalam soda) justru memicu otak untuk selalu memikirkan makanan walaupun kondisi perut masihlah kenyang.

2. Bosan

Anda selalu merasa tak puas dan tidak pernah merasa kenyang meskipun sudah makan. Anda akan merasakan lapar ketika melihat jenis makanan lain yang ada di hadapan Anda. Rasa bosan ini juga bisa menjadi penyebabnya.

3. Makanan Kaleng

Makanan kaleng kerap jadi solusi praktis untuk Anda yang sibuk dan tak ada waktu banyak untuk memasak. Namun, makanan kaleng banyak mengandung chemical bisphenol-A atau yang biasa disebut BPA. Menurut studi di Harvard University, kandungan bahan kimia itu bisa mengakibatkan anda mudah sekali lapar.

4. Tidak Sarapan

Banyak orang meninggalkan sarapan karena malas atau takut gendut karena sarapan. Padahal, sarapan justru mencegah anda merasa lapar di jam-jam tertentu dan menjadi sumber energi saat akan beraktivitas seharian.

5. Tidak cukup Cairan

Dehidrasi juga sering menjadi penyebab seseorang merasa lebih cepat lapar. Jika Anda merasakan lapar setelah makan, minumlah segelas air sebelum Anda memutuskan untuk makan lagi.

6. Kurang Sayur

Jika Anda kekurangan sayur, dapat dipastikan anda akan merasa sering lapar. Hal tersebut karena beberapa sayuran hijau juga mengandung vitamin K, nutrisi penghasil insulin yang bisa mengurangi rasa lapar. Selain itu, sayuran hijau banyak mengandung vitamin B yang bisa membantu pencernaan.

Nah, mulai sekarang perhatikan pola makan anda termasuk menu yang disantap agar tidak terjebak oleh nafsu makan yang bisa membahayakan tubuh. Semoga Bermanfaat!

Reporter : Gabrielly Andini / Foto : google.com
Editor : Rachma Putri Utami

(Visited 105 times, 1 visits today)
  • Comments Off on Mau Makan Mulu? Ini Alasannya
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 1590 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.