08:22 am - Sunday 19 November 2017

Film Perdana Garapan Pemerintah ‘Ketika Bung di Ende’ Tayang

By redaksi13 - Sat Nov 30, 10:46 am

  • Comments Off on Film Perdana Garapan Pemerintah ‘Ketika Bung di Ende’ Tayang
  • 2265 views
  • Email Email

DSCN5479Diamma.com –. Kamis kemarin, 28 November 2013 film ‘Ketika Bung di Ende’ ditayangkan di Studio XXI Djakarta Theater M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Film yang digarap dan sekaligus pertama kalinya ditayangkan oleh pemerintah ini disutradarai oleh Viva Westi yang sekaligus menjadi penulis skenario dan dibantu oleh Tb. Deddy Safiudin. Beberapa artis pun turut serta dalam film tersebut seperti Baim Wong yang berperan sebagai Bung Karno, Paramitha Rusady sebagai Inggit Ganarsih, dan didukung oleh artis lain seperti Tio Pakusadewo dan Ninik L. Karim serta melibatkan penduduk lokal Ende.

Film tersebut mengisahkan tentang pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada masa kolonial Belanda. Pengasingan Bung Karno selama empat tahun di Ende merupakan fase pembentukan jiwa dirinya, ia tak hanya memikirkan bagaimana caranya mengusir penjajah, namun memikirkan juga tentang tanah airnya. Di Ende pula Bung Karno belajar mengenai agama-agama di dunia. Dalam film tersebut diharapkan  dapat membangun rasa nasionalisme di kalangan generasi muda, serta mengangkat nilai-nilai kearifan lokal. Itulah mengapa latar tempat yang diambil oleh kreator film tersebut adalah Ende, NTT.

Pembuatan film tersebut merupakan bagian dari grand design Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mewujudkan  pendirian Museum Presiden. Museum itu didirikan di lingkungan Istana Bogor dan ditargetkan akan rampung pada April 2014. “Film Ketika Bung di Ende akan menjadi koleksi museum tersebut,” jelasnya. Dirjen Kemendikbud , Prof. Kacung Marijan mengatakan, “berdasarkan UU No. 33 tahun 2009 tentang perfilman, pemerintah berkewajiban memfasilitasi pembuatan film untuk memenuhi ketersediaan film Indonesia,” tutupnya.

Reporter : Amos Sury’el Tauruy / Fotografer : Amos Sury’el Tauruy

Editor : Zeldjian Poetera Athallah

  • Comments Off on Film Perdana Garapan Pemerintah ‘Ketika Bung di Ende’ Tayang
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
  • 2265 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.