08:28 am - Sunday 19 November 2017

Wisata Pulau Pari Penuhi Perekonomian Penduduk

By redaksi12 - Fri Jun 21, 5:04 pm

  • Comments Off on Wisata Pulau Pari Penuhi Perekonomian Penduduk
  • 1871 views
  • Email Email

001Diamma.com – Pulau Pari merupakan bagian dari Kepulauan Seribu yang letaknya berdekatan dengan Pulau Tikus, Pulau Tengah, Pulau Burung, Pulau Gudus, dan Pulau Kongsi. Dulu, Pulau Pari dikenal sebagai gudang rumput laut. Namun semua itu telah berlalu seiring perubahan iklim di Indonesia yang membuat budidaya rumput laut memburuk.

Meskipun demikian, mata pencarian nelayan rumput laut dapat tergantikan dengan adanya Wisata Pulau Pari yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Ini pula lah yang menjadi upaya sebagian kecil masyarakat Pulau Pari untuk mempromosikannya di kalangan wisatawan.

Walau baru ditetapkan sebagai destinasi wisata pada 2009 lalu, minat para wisatawan seakan tak pernah surut. Baik wisatawan lokal maupun asing, tak pernah sepi mengunjungi Pulau Pari, bahkan di hari kerja sekalipun.

Ali Hasan merupakan satu dari sekian banyak masyarakat Pulau Pari yang merasakan dampak positif dari dijadikannya pulau tersebut sebagai destinasi wisata. Menurut Hasan, warga setempat memanfaatkan hal tersebut sebagai mata pencarian, mulai dari menyewakan perahu, hingga rumah penduduk untuk ditinggali wisatawan selama berkunjung.

Seperti pulau-pulau lainnya, Pulau Pari juga memiliki keindahan yang luar biasa. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Dan hasilnya, dapat mendongkrak perekonomian warga setempat.

 

Reporter : Sofiando Finailyawan / Fotografer : Sofiando Finailyawan

Editor : Dila Putri

  • Comments Off on Wisata Pulau Pari Penuhi Perekonomian Penduduk
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)
  • 1871 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.