03:42 am - Monday 26 June 2017

Opera Pan Japan, Komunitas Segudang Prestasi

By redaksi12 - Mon May 27, 9:24 pm

  • Comments Off on Opera Pan Japan, Komunitas Segudang Prestasi
  • 1742 views
  • Email Email
OPJ menjadi bintang tamu di salah satu acara TV

OPJ menjadi bintang tamu di salah satu acara TV

Diamma.com – Power Ranger, Ryuutaros dan Kamen Rider, siapa tak kenal dengan tokoh-tokoh tokusatsu (super hero jepang) yang gagah ini? tokoh-tokoh yang sudah tak asing lagi namanya terdengar di telinga kita ini, bukan hanya menghibur orang-orang yang menonton filmnya saja, tetapi juga memberikan banyak inspirasi untuk berkreasi dan berprestasi lewat tokoh-tokoh tersebut.

Opera Pan Japan (OPJ) salah satunya, sebuah komunitas cosplay yang berhasil meraih prestasi lewat tokoh-tokoh tokusatsu tersebut. komunitas ini adalah salah satu komunitas cosplay dimana sebagian besar para anggotanya mengenakan kostum-kostum karakter tokusatsu.

Komunitas yang diketuai oleh Ojan ini, bertujuan untuk lebih memperkenalkan tokusatsu kepada masyarakat luas dengan pembawaan-pembawaan yang menarik agar masyarakat lebih mudah untuk menerimanya. Salah satunya dengan mengumpulkan karakter-karakter tokusatsu dalam satu serial yang sama, untuk membuat kabaret tokusatsu lebih hidup dan berwarna seperti menonton secara live.

Komunitas yang sudah berdiri selama tiga tahun ini, mengalami pasang surut dalam mempertahankannya. mulai  dari pembuatan kostum, penentuan tema kabaret hingga tanggapan masyarakat yang bermacam-macam, “ kendalanya cukup banyak, seperti begadang untuk membuat kostum, latihan kabaret berhari-hari, tempat tinggal setiap anggota banyak yang  berjauhan, selisih pendapat, event cosplay yang tiba-tiba batal, dll,” Ujar Widy Herwindo, yang akrab dipanggil Widy selaku wakil ketua komunitas OPJ.

Namun, seperti angin yang berlalu begitu saja, kendala-kendala tersebut mampu dilewati komunitas ini dengan baik. Sehingga, membuat komunitas yang sebagian besar anggotanya berdomisili di Jakarta ini membuktikan kepada masyarakat luas dengan mengikuti perlombaan – perlombaan di berbagai event cosplay baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Bukan hanya itu, OPJ juga meraih beberapa kejuaraan cosplay ternama seperti  juara pertama di Event Groovy Comics Festival Cabaret Cosplay Competition kategori team dan individual , CLAS;H cosplay competition, juara pertama dan kedua kategori anime dan tokusatsu di event cosplayFIRE #1 Yogyakarta, juara ketiga pada AFA’s Regional Cosplay Championship di Singapura, dan masih banyak lagi prestasi-perstasi lainnya. Dengan banyaknya prestasi yang telah diraih oleh OPJ , Widy berharap agar komunitas ini semakin kompak,  kreatif, berprestasi dan tetap rendah hati.

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto : Dok. OPJ

Editor : Erwin Tri Prasetyo

(Visited 96 times, 1 visits today)
  • Comments Off on Opera Pan Japan, Komunitas Segudang Prestasi
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
  • 1742 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.