Home Kampus Mahasiswa FIKOM Akui Sulit Mengurus Surat Dispensasi

Mahasiswa FIKOM Akui Sulit Mengurus Surat Dispensasi

641
0
SHARE

perjanjian diatas materai bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan surat dispensasiDiamma.com –Jumat (19/04/2013) lalu merupakan hari terakhir pengurusan surat dispensasi bagi mahasiswa FIKOM dan FE UPDM (B) yang belum melunasi biaya perkuliahan semester genap 2012/2013. Surat dispensasi tersebut berupa perjanjian di atas materai mengenai kesanggupan mahasiswa dalam membayar tunggakan pada batas waktu yang telah disepakati.

Hal ini dilakukan demi mendapatkan izin mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang dilaksanakan pada Senin, 22 April 2013. Namun, syarat pengurusan surat dispensasi kali ini dirasakan sulit oleh beberapa mahasiswa FIKOM, pasalnya mereka harus membayar paling tidak setengah dari beban tunggakan.

“Merasa sangat dipersulit karna persyaratannya harus membayar setengah dari kekurangan untuk minimal pembayaran. Tahun sebelumnya nggak terlalu sulit ya kalo menurut gue, masih bisa didispen meskipun nunggak dua juta ke atas. Tapi kalo sekarang satu juta ke atas udah susah,” ujar Mizan Muhammad Andal, mahasiswa FIKOM 2010.

Selain itu menurut Avissa Harnes, Mahasiswi FIKOM semester empat, untuk memproses surat dispensasi membutuhkan kesabaran yang ekstra dan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan Harti Yuwarti, selaku Wakil Dekan II yang menangani bagian keuangan terkadang sulit untuk ditemui. “Harus bolakbalik mengurus dokumen yang harus difotokopi, belum lagi terkadang ditahan dulu beberapa saat untuk memberikan keterangan alasan yang jelas,” keluh Avissa.

Terkait dengan hal ini, syarat UTS kali ini juga berbeda dengan sebelumnya. Tahun kemarin, untuk mahasiswa yang belum dapat melunasi biaya masih diperbolehkan untuk mengikuti ujian tanpa harus membuat surat dispensasi dan diberikan toleransi untuk melunasi tanggungan tersebut setelah UTS.

“UTS yang kemarin itu walaupun bayarnya belum lunas bisa langsung ambil kartu aja disini nggak usah pake surat dispen kecuali UAS tapi sekarang kenapa nggak bias?” lanjut Avissa.

Avissa juga menambahkan, sebaiknya kalau hanya masih UTS tidak perlu membuat surat dispensasi, meskipun memiliki tunggakan, kecuali pada saat Ujian Akhir Semester tidak ada toleransi lagi bagi yang belum membayar.

Terakhir, Mizan berharap, “jangan dipersulitlah. Kita kan pengen kuliah, juga sama-sama butuh,” tutupnya.

 

Reporter : Arimbi Puspita Ratri/foto : dok. Goggle.com

Editor: Dila Putri