03:50 pm - Saturday 18 November 2017

Agung: Mahasiswa Harus Tahu Hak dan Kewajiban

By redaksi12 - Thu Apr 25, 11:05 am

  • Comments Off on Agung: Mahasiswa Harus Tahu Hak dan Kewajiban
  • 3464 views
  • Email Email

Kalender_Akademik_2012-20132Diamma.com –Menjelang Ujian Tengah Semester tidak sedikit mahasiswa UPDM (B) yang belum melengkapi persyaratan seperti melunasi biaya perkuliahan. Padahal, pihak kampus telah memiliki Kalender Akademik yang dibuat untuk mahasiswa dan dosen sebagai perencanaan yang sudah terprogram.

Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki kesiapan dalam berbagai hal seperti finansial dan akademis. Tetapi, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang acuh terhadap perencanaan yang terlah dibuat. Hal ini dibuktikan dengan kesibukan mahasiswa dalam mengurusi surat dispensasi pada H-3 Ujian Tengah semester.

“Ini (kalender akademik) setahun yang lalu sudah dibikin, mahasiswa seharusnya sudah tahu jadwal UTS kapan, UAS kapan, bayaran kapan,” tutur Agung Setiyo Hadhi, Wadek III bidang kemahasiswaan Fakultas Ekonomi. Agung menambahkan bahwa mahasiswa harus tahu hak dan kewajibannya sebagai seorang pelajar Perguran Tinggi, jangan hanya bisa menuntut.

Meskipun peraturan yang telah dibuat pihak UPDM (B) fleksibel atau tidak kaku, mahasiswa harus tetap menjalankan sesuai prosedur.

“Peraturan kita tidak kaku, tetapi mahasiswa juga harus merencanakan menejemen yang baik. bahwa untuk pembayaran itu sudah harus disiapkan karena waktunya satu semester,” kata Paiman Rahardjo, Wadek III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Mengingat tunggakan biaya sering kali terjadi, mahasiswa diminta untuk mengambil SKS sesuai dengan kesanggupan finansial masing-masing, jangan karena mengejar target lulus dengan waktu yang singkat kemudian mengambil SKS dengan jumlah yang banyak tanpa dipikirkan secara matang karena nantinya justru akan menyulitkan.

Pihak kampus sendiri tidak ingin membebankan, untuk itu mahasiswa masih diberikan toleransi pembayaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan membuat surat pernyataan ketidakmampuan membayar dengan alasan yang jelas. Toleransi tersebut diberlakukan untuk UTS, namun saat UAS mahasiswa harus sudah melunasi tunggakan sebab laporan keuangan harus segera diserahkan mengingat akan menjelang tahun ajaran baru.

“Kalau di UTS ini masih ada toleransi tetapi pada saat nanti UAS itu kan keuangan harus masuk setor kemudian laporan, ada tahun ajaran baru juga, mau nggak mau harus lunas”papar paiman.

Reporter : Arimbi Puspita Ratri/Foto : Dok. Google.com

Editor: Dila Putri

  • Comments Off on Agung: Mahasiswa Harus Tahu Hak dan Kewajiban
  • 1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
  • 3464 views
  • Email Email

Leave a Reply

Comments are closed on this post.