05:31 pm - Monday 24 November 2014

RKAN, Komunitas Sejuta Kreativitas

By Dila - Sat Apr 13, 5:47 pm

RKAN kegiatanDiamma.com  – Mahasiswa, mendengar kata tersebut mungkin yang ada dibenak kita adalah pemuda yang memiliki segudang aktivitas maupun organisasi yang diikutinya. Sama hal nya dengan Nur Edi Yanto (27), Sarjana lulusan Universitas Padjajaran, Bandung  jurusan Administrasi Negara ini  bersama teman-temannya membuat sebuah komunitas yang ditujukan untuk mahasiswa jurusan Administrasi Negara.

Lelaki yang akrab dipanggil Edi dengan temannya, Samuel Noveriandi Sitepu berinisiatif membuat sebuah komunitas yang dikhususkan untuk para mahasiswa Administarsi Negara. Pada tahun 2005, mereka berhasil membuat komunitas yang dikenal dengan nama CORETAN ( Club Orientasi Tulisan Administrasi Negara). Pada komunitas ini, kegiatan difokuskan pada tiga kegiatan, yakni tulisan, presentasi, dan diskusi.

Seiring berjalannya watu, semakin banyak para mahasiswa yang ingin bergabung dengan komunitas ini. Dengan meningkatnya anggota yang bergabung, semakin banyak pula ide kreativ bermunculan dari para anggota yang memiliki hobi berbeda-beda, seperti menulis, membuat film, bermain music, hingga fotografi.

Untuk menanggapi hal tesebut, pada tahun 2009 CORETAN bergabung dengan RKAN yaitu singkatan dari Rumah Kreativitas Administrasi Negara. Pada tahun 2011 Enterpreneurship akhirnya ikut bergabung pada RKAN yang menambah jumlah komunitas pada RKAN menjadi lima komunitas.

Komunitas yang diketuai oleh Doni Mandarta, mempunyai beberapa kegiatan, seperti  mengadakan  diskusi, musikalisasi puisi,menerbitkan tulisan di koran atau bulletin ,hunting foto , hingga gelar indiemovie. Komunitas ini juga mempunyai karinding yakni alat musik tradisional sunda untuk para anggota musician.

Selain itu, komunitas yang pada awalnya hanya pada lingkup Jurusan Administarasi Negara saja, sekarang berkembang  hingga ke ranah umum. hingga saat ini, anggota komunitas RKAN mencapai hampir tiga ratus orang.  Edi mengatakan untuk dapat bergabung dengan komunitas RKAN cukup mudah, yaitu dengan bergabung di akun facebook Rumah Kreativitas Administrasi Negara.

Komunitas RKAN sendiri bertujuan untuk  menyalurkan passion para mahasiswa “ tujuan dibentuknya komunitas ini untuk menyalurkan passion teman-teman saja, self developing,”  tutur Edi, selaku Founder dan inisiator komunitas RKAN.  Edi juga berharap komunitas ini dapat menjadi kawah candra dimuka (RED- tempat latihan) untuk mahasiswa yang ingin berkembang  dan mengembangkan diri sesuai passion.  Jadi, bagi teman-teman yang ingin megembangkan dirinya sesuai denga passion, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas sejuta kreativitas ini.

 

Reporter : Annisa Pratiwi / Foto : Dok. RKAN

Editor : Tio Raja Sulaiman

Leave a Reply