Home News Mitos Beringin Kembar Alun-alun Yogyakarta

Mitos Beringin Kembar Alun-alun Yogyakarta

39
0
SHARE
Pohon beringin alun alun Yogyakarta
Pohon beringin alun-alun Yogyakarta

Diamma.com – Siapa yang tidak kenal dengan kota budaya yang berada di Indonesia ini. Selain sebagai kota budaya, ternyata kota Yogyakarta ini juga memiliki pohon beringin kembar yang terletak di alun-alun kidul wilayah selatan yogyakarta.

Pohon beringin ini sudah ada, kurang lebih sejak zaman Sri Sultan Hamengkubuwono I,  memiliki mitos yang menurut warga setempat, bagi wisatan yang berkunjung kesana dan dapat melewati diantara pohon beringin kembar itu dengan mata tertutup, maka apa yang diharapkan dapat tercapai. Dan biasanya pengunjung yang berhasil melewati pohon tersebut, memiliki hati yang bersih.

Akan tetapi, apabila kita curang ketika melewati beringin kembar. Mitosnya, kita akan dihantui oleh hal-hal gaib.

Salah satunya Intan, wisatawan asal Bumiayu, Jawa Tengah ini berhasil melewati pohon beringin kembar. “Saya berhasil melewati pohon ini. Tetapi saya tidak punya keinginan apa-apa, karena hanya penasaran dan ingin coba-coba saja.”

Lokasi pohon beringin kembar ini tidak berjauhan dari jalan Malioboro dan Kraton Yogyakarta, serta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, becak atau motor.

Bagi wisatan yang tengah berlibur di Yogyakarta, tidak ada salahnya berkunjung dan mencoba melewati pohon beringin kembar yang berada di  alun-alun Selatan Yogyakarta.

Reporter: Achmad Rafiq & Siti Farhani / Foto : Google

Editor : Erwin Tri Prasetyo