Home Sorot Pameran Foto Cagar Budaya dalam Kearifan Lokal

Pameran Foto Cagar Budaya dalam Kearifan Lokal

143
0
SHARE

Diamma.com –Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman Kementrian Pendidikan Kebudayaan RI selenggarakan pameran fotografi. Acara tersebut berlangsung pada 11-20 Desember 2012 di Galeri Nasional Jakarta.

Selain pameran, sebelumnya diadakan juga lomba foto Cagar Budaya pada 1-30 Novemer lalu. Lomba tersebut diikuti oleh 881 peserta, yang terdiri dari kalangan wartawan dan masyarakat umum. Dari 2.648 foto yang terkumpul, berhasil dipilih lima orang pemenang dengan kategori umum dan jurnalis.

“Dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya untuk mengapresiasi masyarakat yang turut mendokumentasikan dan memelihara cagar budaya Indonesia,” ujar Surya Helmi selaku Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman.

Surya menambahkan, lomba dan pameran foto tersebut digelar semata-mata untuk melestarikan cagar budaya serta keberadaannya karena mimiliki nilai penting bagi sejarah, limu pengetahuan, pendidikan agama, dan kebudayaan. Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Melalui pameran ini, diharapkan karya-karya fotografi yang ada dapat menginspirasi anak muda untuk berkreasi tanpa batas. Selain itu, pameran inn menampilkan 300 foto dari 11 fotografer dan dibuka untuk umum.
Reporter : Erwin Tri Prasetyo

Fotografer : Erwin Tri Prasetyo

Editor: Dila Putri