Home Travel Kolong Kaolin Jadi Tujuan Wisata Belitong

Kolong Kaolin Jadi Tujuan Wisata Belitong

153
0
SHARE
Bekas Tambang Kaolin yang terletak di jalan Murai Tanjungpandan, kini menjadi salah satu tujuan wisata di Belitung

Diamma.com – Belitung mempunyai potensi wisata yang sangat mengagumkan, berangkat dari Film Laskar Pelangi yang diangkat dari Novel Laskar pelangi karya Putra Belitong Andrea Hirata, Belitong pun kini menjadi daerah tujuan wisata.

Saat ini, panorama pantainya masih menjadi penopang pariwisata di Belitong. Wisata bahari masih menjadi andalan utama Negeri Laskar Pelangi untuk menyuguhkan para wisatawan yang datang.

Di Pulau ini, tak hanya pantainya yang indah saja yang menjadi tempat untuk memanjakan wisatawan. Lokasi bekas tambang pun kini menjadi objek wisata alternatif. Selain banyak pertambangan timah di Belitong, tambang kaolin pun cukup banyak dijumpai.

Pemandangan eksotik tak kalah menariknya, terlihat dari bekas tambang kaolin. Karena tidak semua daerah memiliki pemandangan seindah bekas lahan tambang yang ada disini. Lahan pertambangan yang paling populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Belitong saat ini adalah Kolong Kaolin Murai.

Tanah kaolin berwarna putih. dipadu dengan air yang berwarna biru menjadi kombinasi menarik pandangan mata.

Kolong Kaolin ini terletak diatas lahan seluas dua hektar yang berada tak jauh dari pusat kota Tanjungpandan, hanya berjarak dua kilometer dari jalan protokol.

Kini, kolong juga menjadi obyek foto para fotografer yang berkunjung ke Belitong. Tak sedikit fotografer nasional yang mengunjungi bekas tambang ini. Bahkan beberapa artis ibu kota pernah memanfaatkan panorama Kolong ini untuk shooting video atau pemotretan.

 

Reporter: Yery Wahyudi / Fotografer: Yery W.

Editor: Frieska M.