Home News Tarif Commuter Line Akan Naik Pada Bulan Oktober

Tarif Commuter Line Akan Naik Pada Bulan Oktober

12
0
SHARE
Ilustrasi

Diamma.com – Mulai tanggal 1 Oktober 2012 esok tarif kereta rel listrik (KRL) Commuter Line akan naik. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dari armada dan juga pelayanan kepada para penumpang.

“Kita lakukan untuk peningkatan kehandalan KRL, karena masyarakat kan ingin ada peningkatan pelayanan juga agar semakin baik,” ujar Makmur Syaheran, Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Kamis (30/08).

Menurut Makmur, rencana kenaikan tarif KRL Commuter Line sendiri sudah dikaji selama beberapa waktu terakhir, selain itu pihaknya pun mengaku kesulitan jika tarif tidak dinaikkan, sementara pelayanan dan jumlah armada harus terus ditambah dan dipelihara.

“Ini prosesnya panjang, tiga tahun yang lalu kami sebenarnya sudah mulai menambah jumlah sarana. Kami harus melakukan perbaikan sana sini dan itu juga demi pelayanan kepada penumpang. Karena setiap tahunnya, penumpang Commuter juga terus naik,” lanjutnya.

Menurut rencana, tarif commuter line akan naik Rp2.000. Angka tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan merupakan perhitungan yang tepat karena juga merunut peraturan menteri. “Perhitungan tarif itu kan ada peraturan dari menteri. Tapi untuk dasar aja karena operator itu masih mempunyai keluasaan (menentukan tarif) yang penting cara hitungnya benar,” tambah Makmur.

 

Reporter: Dian Ramdhani.

Editor: Frieska M.