Home News Liga Inggris ‘Dijajah’ Asia

Liga Inggris ‘Dijajah’ Asia

616
0
SHARE

Diamma.com – Inggris merupakan negara asal sepak bola. Hingga saat ini, liga domestiknya pun menjadi salah satu liga terbaik di dunia. Dibalik kesuksesan penyelenggaraan Liga Inggris, ternyata banyak pihak-pihak asing yang ikut andil di dalamnya, terutama dari Asia.

Klub yang sedang naik daun yaitu Manchester City, dimiliki oleh seorang anggota kerajaan Abu Dhabi. Dia adalah Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan. Pria ini memang sudah terkenal sebagai pemilik perusahaan Etihad Airways dan Abudhabi Tourism. Dengan pengalamannya di dunia bisnis, Manchester City menjelma menjadi klub sepak bola yang masuk dalam jajaran klub dengan predikat terkaya di dunia. Itu pun sudah cukup untuk berdiri sejajar dengan tetangganya yaitu Manchester United. Telah terbukti bahwa kekuatan uang Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan bisa membawa Manchester City juara Liga Inggris di musim lalu.

Selain itu, beberapa  klub asal London, yaitu Chelsea, Arsenal, QPR, dan Aston Villa juga disponsori oleh perusahaan dari Asia. Chelsea disponsori oleh perusahaan elektronik terbesar di dunia asal Korea Selatan, yaitu Samsung. Arsenal sendiri disponsori oleh perusahaan penerbangan asal Uni Emirat Arab, yaitu Emirates. Nama Emirates diabadikan sebagai nama stadion markas mereka, yaitu Emirates Stadium.

QPR disponsori oleh perusahaan penerbangan asal Malaysia, yaitu AirAsia dan Malaysia Airlines. Pemilik QPR berasal dari Malaysia, yaitu Tony Fernandes. Ia juga pemilik perusahaan penerbangan AirAsia. Klub asal London lainnya yang disponsori oleh perusahaan dari Malaysia adalah Aston Villa. Nama dan lambang Genting Kasino akan dipajang di jersey dan berbagai sudut Villa Park (Markas Aston Villa).

Di divisi Championship, Nottingham Forest juga dimiliki oleh pengusaha asal Asia. Keluarga pengusaha asal Kuwait, Al Hasawi, telah resmi mengambil alih kursi kepemimpinan Nigel Doughty. Perlu kita ketahui bahwa di era-80an, Nottingham Forest merupakan salah satu tim besar di Eropa.  2 Kali menjuarai Liga Champions pada tahun 1979 dan 1980, dan sekali menjuarai Piala Super Eropa pada tahun 1979. Namun pada era 1999-2000an, Nottingham Forest terdegradasi dari divisi teratas liga Inggris.

2 Klub asal kota Liverpool, Everton dan Liverpool, juga disponsori oleh perusahaan asal Asia. Everton disponsori oleh produsen minuman beralkohol dari Thailand, yaitu Chang Beer. Sedangkan Liverpool, disponsori oleh perusahaan penerbangan asal Indoneisa, yaitu Garuda Indonesia. Kerjasama ini juga disambut positif oleh Direktur Pelaksana Liverpool, Ian Ayre. “Kami menantikan untuk bekerjasama dengan Garuda Indonesia di seluruh pasar,” kata Ian Ayre seperti yang dikutip liverpoolfc.com.

Namun, kesuksesan dalam penyelenggaraan Liga Inggris sangat berbanding terbalik dengan prestasi timnas Inggris. Sepanjang sejarah, Inggris hanya mampu menjuarai Piala Dunia 1966, dimana Inggris sebagai tuan rumahnya.

Tulisan dikirim oleh: Fajar Yulianto / Foto: Google.com