Home News Teknologi 9 Juli Hari Kiamat untuk Dunia Maya

9 Juli Hari Kiamat untuk Dunia Maya

164
0
SHARE

Diamma.com – Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata “Virus Komputer”. Beberapa virus dapat kita bersihkan dengan software anti-virus yang bisa dibeli atau di unduh secara gratis di internet. Namun ada beberapa virus yang sangat canggih dan sulit untuk dibersihkan.

Sadarkah anda kalau virus “DNSChanger” menjangkiti komputer anda bahkan di berbagai penjuru dunia. Ya, virus ini akan menyerang server DNS ketika anda sedang menjelajah internet. Sudah lima tahun terakhir virus ini masuk melalui internet menuju jaringan komputer anda.

Walupun upaya untuk melindungi komputer sudah dilakukan dengan meng-install  antivirus. Sayangnya, upaya ini akan berakhir pada (09/07/2012) mendatang ketika FBI menutup sementara server DNS pada pukul 12.01 WIB. Langkah ini digunakan untuk melindungi korban dari jaringan penipuan internet terbesar.

Akibat dari pelindungan ini computer yang terkoneksi tidak bias berselancar untuk sementara waktu. Anda tidak bisa meng-update status twitter, facebook, tidak bisa mengirim e-mail, mencari jawaban melalui google atau sekedar mengunduh lagu dan film kesukaan anda lagi.

Apakah yang diserang virus ini hingga bisa membunuh internet? Virus DNSChanger menyerang server DNS. Domain Name System (DNS) merupakan layanan internet yang dapat melakukan konversi domain internet dari numerik menjadi nama yang mudah diingat.

DNSChanger mengalihkan hasil pencarian dan URL yang diketik dan mengajak menuju ke situs yang dirancang untuk menampilkan iklan dan mengajak anda untuk memasuki situs berbahaya tersebut. Situs bayangan ini ditujukan untuk mengambil informasi login anda.

Oleh: Kharis Karim (sumber: vivanews.co.id) / Foto: vivanews.co.id

Editor: Tri Susanto Setiawan