Home Sorot Jembatan Menuju Dunia yang Damai Melalui Prangko

Jembatan Menuju Dunia yang Damai Melalui Prangko

342
0
SHARE
Beberapa Koleksi Perangko Bergambar Bung Karno

Diamma.com – Sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk turut serta menciptakan perdamaian dunia, PT Pos Indonesia (Persero), dan Perkumpulan Filateli Indonesia yang didukung pula oleh Pemerintahan RI menggelar Pameran Filateli Dunia (World Stamp Championship).

Acara ini berlangsung pada tanggal 18-24 Juni 2012, dari pukul 10.00 – 19.00 wib di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Kegiatan pameran yang merupakan ajang kompetisi bagi para filatelis di seluruh dunia ini, merupakan pameran berskala internasional yang kelima kalinya diselenggarakan dan akan menjadi pameran terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Pameran ini diikuti oleh 70 Federasi Filateli di dunia, serta akan diramaikan pula oleh 100 stamp dealer dari dalam dan luar negeri. Dalam acara ini, menampilkan lebih dari 2.522 frame yang berasal dari negara peserta dan terdiri dari 11 kelas.

Tujuan dari pameran ini ialah, untuk meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sebagai salah satu andil untuk menciptakan perdamaian dunia, memajukan perfilatelian dalam berbagai aspek, serta untuk membangkitkan kehidupan perfilatelian di tanah air.

“Acara ini sangat unik menarik, dan merupakan pengalaman yang pertama bagi saya datang ke pameran seperti ini,” ujar William salah satu pengunjung berkebangsaan Kanada ini.

Selain akan menambah wawasan dan mengetahui perkembangan dunia yang diabadikan melalui perangko, dalam rangkaian acara ini juga akan dipamerkan perangko kuno seharga mencapai Rp20 miliar, dan diluncurkannya paspor filateli yang menjadi perburuan para filatelis untuk mendapatkan cap di setiap stand penjualan prangko dalam dan luar negeri.

Beragam tema perangko dipamerkan seperti tema wwf , kereta api, batik, lingkungan hidup, pramuka, tari tradisiona,l biografi seseorang . Tidak hanya dari segi nasionalisme, namun ada juga tema perangko yang di ambil dari film kartun seperti tema tintin. Kisaran dari harga perangko yang dipamerkan ini beragam, mulai dari Rp5.000 sampai dengan menyentuh nilai Rp20 miliar.

Tidak hanya pameran perangko saja, namun ada juga seminar yang akan dihadiri dari pembicara luar negeri. Selain itu ada beberapa both atau stamp dealer dari berbagai dunia seperti Bangladesh Post, Vatican Philatelis Office, Belarush Post dan lainnya. Juga beberapa pameran batik, karya nusantara dan beberapa aksesoris seperti tas dan perhiasan.

Dengan adanya acara ini, diharapkan generasi muda lebih mengenal beragam kebudayaan dari berbagai Negara dan Indonesia, khususnya karena acara ini sangat diminati oleh banyak Negara.

Karena acara ini tidak dibebani biaya serta berlaku untuk umum, jadi tidak ada alasan untuk tidak menghadirinya. Selain bisa mengisi waktu luang, juga berguna ntuk menambah wawasan .

Reporter: April Diani / Fotografer: April Diani

Editor: Frieska M.