Home Entertainment Gaya Hidup 5 Tips Perawatan Alami Agar Kulit Sehat

5 Tips Perawatan Alami Agar Kulit Sehat

99
0
SHARE

Tidak punya waktu untuk perawatan kulit intensif?. Manjakan diri dengan cara yang mudah. Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat, dapat membantu menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Seperti yang jelaskan lewat mayoclinic.com cara alami dalam merawat kulit anda.

Ilustrasi

1. Lindungi diri dari sengatan matahari.

Salah satu cara paling penting untuk merawat kulit Anda adalah melindunginya dari sinar matahari. Seringnya terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik hitam dan masalah kulit lainnya, serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat mencoba beberapa hal di bawah ini:

  • Gunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Bila Anda di luar ruangan, gunakan tabir surya setiap dua jam – atau lebih.
  • Mencari teduhan. Hindari matahari pada pukul 10:00 – 16:00, karena sinar matahari kuat pada saat itu.
  • Pakailah pakaian pelindung. Menutupi kulit Anda dengan rapat  seprti memakai kemeja lengan panjang, celana panjang. Juga pertimbangkan aditif laundry, yang memberikan pakaian lapisan tambahan perlindungan ultraviolet untuk sejumlah dicuci, atau khusus matahari pakaian pelindung – yang dirancang khusus untuk memblokir sinar ultraviolet.

2. Jangan merokok.

Merokok dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua, serta memberikan kontribusi keriput kulit lebih besar. Selain itu merokok dapat menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, dan menurunkan aliran darah. Hal Ini membuat kulit kehilangan oksigen, dan nutrisi penting bagi kesehatan kulit. Selain itu merokok juga merusak kolagen dan elastin – serat-serat yang memberikan kulit Anda kekuatan dan elastisitas.

3. Rawat kulit Anda dengan lembut.

  • Batasi waktu mandi. mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi mandi atau waktu mandi, dan menggunakan hangat – bukan air panas.
  • Pilihlah pembersih yang ringan. Gunakan sabun mandi yang dapat melembutkan.
  • Hati-hati dalam bercukur. Untuk melindungi dan menghaluskan kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum bercukur. Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Mencukur menurut arah rambut tumbuh, bukan sebaliknya.
  • Setelah mandi, keringkan tubuh anda menggunakan handuk kering dengan lembut dan setengah menepuk. Sehingga kelembaban tetap terjaga pada kulit Anda.
  • Melembabkan kulit kering. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

4. Makan makanan yang sehat.

Pola makan sehat, makan banyak buah-buahan, sayuran, gandum dan protein tanpa lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak, karbohidrat olahan atau yang telah disempurnakan dapat menyebabkan kulit terlihat lebih muda.

5. Mengelola stres.

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kulit yang sehat, juga keadaan fikiran yang tenang, dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola stres Anda.

Hindari stress yang berlebihan, terapkan batas-batas tingkat stress di tingkat wajar. Kesibukan yang tidak terarah membuat anda kelelahan, sehingga stress lebih dekat dengan anda. sediakanlah waktu untuk berlibur atau bersantai. Selamat mencoba.

Editor: Frieska M.