Home Kampus Merubah Diri Dengan KOCAK

Merubah Diri Dengan KOCAK

381
0
SHARE

Robbi HabibiDiamma.com – Seperti kata bijak dewasa ini, motivator terbaik ada di dalam diri sendiri. Dalam acara Training Heart Intelegent yang digelar oleh PSMI (Pusat Studi Mahasiswa Islam), Robbi Habibi memberika motivasi kepada mahasiswa.

Robbi Habibi selaku motivator dalam acara ini, memberikan tips menjadi manusia yang menyenangkan, juga bermanfaat dengan motivasi yang bersifat internal.

“Ada tujuan dan ada tindakan saya, hanya menggugah. Dan orang itu kembali kepada kesadarannya,” ujar Robbi.

Motivasi yang ia berikan berupa KOCAK. KOCAK merupakan singkatan dari kreatif, optimis, cerdas, antusias, komunikatif.

Robbi menjelaskan, dengan kreatif kita harus bisa berhubungan dan bersosialisasi. Jika kreatif berhubungan dengan orang lain, maka kreativitas yang lain akan muncul.

Optimis merupakan rumus kunci. “Jika orang tidak yakin dengan tuhannya maka akan jadi pribadi yang galau, tapi jika dia punya keyakinan pada tuhan maka ia akan mengatakan bahwa masalah itu kecil,” tegasnya.

Cerdas, cerdas terbagi menjadi kecerdasan emosi, intlektual dan spiritual. Biasanya yang terdapat dalam diri mahasiswa ialah kecerdasan emosi, temperamen dan moody. Untuk mengatasi kecerdasan emosi, maka ia harus mengenal dirinya sendiri.

Selanjutnya adalah antusias. Antusias itu sifatnya menular, jika kita ingin memulai dengan energi, maka kita harus memiliki energi yang kita cintai. Yang terakhir ialah komunikatif yakni, orang yang mampu berkomunikasi dengan alam bawah sadar, maka itu adalah yang mampu mencapai apa yang dia inginkan.

Mantan mahasiwa UIN Fakultas Hukum ini memberikan harapannya kepada Lembaga berbasis agama (PSMI-red) tersebut, agar semakin kreatif dalam menciptakan suasana-suasana pertemuan. Hal tersebut bertujuan agar tidak monoton. Menurutnya nuansa mahasiswa itu berbeda, sehingga kita bisa memahami keragaman dan keberagamaan.

Reporter: Dewi Savitri / Fotografer: Dewi S

Editor: Frieska M.