Home Entertainment Budaya Shuffle lincahkan kaula muda

Shuffle lincahkan kaula muda

1
0
SHARE

Oleh: Yoga Asbi A & Erwin Prasetyo / Fotografer: Erwin Tri Prasetyo

Alunan music remix dan hentakan kaki yang lincah menjadi pilihan jenis dance kaula muda masa kini, apakah anda juga..?

Diamma – Di tengah maraknya komunitas di Indonesia, ada satu komunitas yang mungkin anda belum ketahui. Jakarta shuffle south begitu orang-orang menyebutnya, komunitas ini adalah wadah dari orang-orang yang menyukai dan berminat mempelajari shuffle, yang mana saat ini mulai di gandrungi oleh kaum remaja. Shuffle sendiri adalah jenis dance yang kini Menjadi trend di ndonesia, dimana-mana banyak anak muda menggerakan kakinya mengikuti Michael jakson saat mendengar alunan music remix, terlihat menarik namun tidak semua orang bisa melakukanya. Namun dance jenis ini tidak banyak menggunakan  gerakan tubuh dan tangan saat penampilanya, hanya gerakan kaki yang di gunakan. Dance ini berasal dari Negara Australia tepatnya di kota melbern. Mulai masuknya shuffle ke Indonesia sudah cukup lama namun dahulunya kurang di minati, karena shuffle lebih sering di lihat di club-club malam yang diduga dibawa oleh turis-turis asing dari Australia yang sedang berkunjung ke indonesia.

Oleh karena itu shuffle meredup di era pertamanya, namun dengan perkembangan dance di Indonesia. Seringnya penampilan dance di tv mungkin membuat orang tertarik terhadap dance. Dan shuffle yang saat ini menjadi pilihan anak-anak muda. Dalam hal ini membuat shuffle tidak lagi di pandang sebelah mata. Shuffle menjadi populer di kalangan anak muda, karena dance jenis ini tidak terlalu beresiko dalam gerakanya, tidak seperti break dance yang bisa di bilang cukup beresiko dan berakibat pada tangan terkilir. Gerakan shuffle menitik beratkan pada gerakan kaki, seperti running man, spin, kick, dan extreme. Dalam gerakanya yang paling mudah atau yang paling mendasar adalah “gerakan running man atau lari di tempat lah bahasa awamnya, tapi kalau dalam event semua itu bisa di kombinasiin dengan gerakan lain tergantung orangnya juga” ujar ali selaku pendiri komunitas Jakarta shuffle south.

Dilansir Shuffle dance mulai populer kembali di Indonesia sekitar tahun 2007, yaitu di kota Jakarta dan Bandung yang paling di expose. Namun saat ini shuffle tidak hanya di tampilkan di club-club malam, tapi di jadikan  sebagai ajang kreatifitas dan bakat yang bisa dibilang olahraga, Banyak juga acara-acara sekolah saat ini menampilkan shuffle, bahkan ada yang membuat ajang kompetisinya . Di Jakarta saya jumpai satu dari banyak komunitas di Jakarta. Komunitas tersebut yang bernama Jakarta shuffle south yang didirikan oleh Muhamad aliansyah yang akrab di sapa ali. Komunitas ini berdiri tahun 2008, “bermula dari hobby nge-dance gw sama temen-temen, sekalian mengisi waktu kosong juga sih” ujar  ali laki-laki berbadan tegap. Dalam komunitas ini juga tidak hanya diikuti laki-laki, wanita pun bisa ikut gabung disini. Jakarta shuffle south biasa latihan di taman daerah pondok cabe, jalan komplek lereng indah, setiap hari rabu dan kamis mulai pukul 16.00 sampai dengan selesai. komunitas ini beranggotakan kurang lebih 40 orang. ”yang mau gabung bisa ko, dateng aja ketempat latihan kita,” tutup ali sambil menggendong tasnya.