Home Kampus Saatnya Menjadi Bos di Usia Muda!

Saatnya Menjadi Bos di Usia Muda!

1
0
SHARE

“Saat ini MEC sudah melakukan banyak kegiatan,“ ujar Nanda mahasiswi Fakultas Ekonomi 2007 yang merupakan anggota Staf Operasional dari MEC.

Oleh Yohana Karlina

Editor: Rionaldo Herwendo

Entrepreneur ataupun juga biasa dikenal dengan istilah wirausaha merupakan hal yang sedang marak  di berbagai kalangan pada saat ini  , bukan hanya di kalangan orang dewasa tetapi juga anak muda. Wirausaha merupakan hal positif karena bertujuan untuk membuat lapangan pekerjaan baru untuk orang lain dan juga membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di negara ini. Begitu pula dengan Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) yang juga ikut berperan serta dalam memerangi jumlah pengangguran di negara ini dengan cara membangun sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang wirausaha, yaitu  Moestopo Entrepreneurship Centre (MEC).

MEC didirikan oleh para pengelola yang juga merupakan Staf Pemimpin dan juga dosen – dosen yang ada di UPDM(B) yang kompeten di bidangnya serta juga melibatkan mahasiswa UPDM(B) dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.

MEC mulai disosialisasikan pada bulan November 2010 kepada publik luas baik internal maupun juga eksternal. Organisasi ini bergerak bukan hanya dalam bidang wirausaha saja, tetapi juga bidang jasa yang berupa  konsultasi mengenai wirausaha dan juga bisnis – bisnis yang baru mau ataupun juga sudah dirintis ( Business Plan). Pelatihan manejemen , keorganisasian penyusunan laporan keuangan dan juga jasa Audit diberikan oleh MEC.

“Saat ini MEC sudah banyak melakukan banyak kegiatan,“ ujar Nanda mahasiswi Fakultas Ekonomi 2007 yang merupakan anggota Staf Operasional dari MEC. Kegitan yang sudah dijalankan pertama kali adalah menarik minat serta melihat keinginan yang besar dari mahasiswa UPDM (B) dalam melakukan kegiatan wirausaha. Lalu, melakukan berbagai macam pelatihan – pelatihan yang meliputi seminar maupun kunjungan ke Dinas Pendidikan, yaitu berupa seminar “Incubator Business”  dan juga perusahaan – perusahaan maju agar para mahasiswa mempunyai motivasi yang tinggi dalam berwirausaha.Selain mahasiswa, dosen yang memang ingin ikut terlibat juga dapat mengikuti seluruh kegiatan dari MEC.

Manajer operasional dari MEC adalah bapak Basrie Achmad, SE, MM yang juga merupakan salah satu dosen di Fakultas Ekonomi. MEC didirikan untuk masyarakat UPDM (B) baik mahasiswa dari seluruh fakultas FE, FISIP, Fikom dan juga FKG serta untuk kalangan luar lingkungan Moestopo. Selain membuat pelatihan dan juga pengembangan mengenai entrepreneur, MEC juga mengajak seluruh anggotanya untuk terjun langsung ke bidang wirausaha, yaitu dengan cara melalukan bazaar setiap bulannya dengan mengandeng Koperasi Mahasiswa yang dikenal dengan “Bazaar Kopma“ yang telah berlangsung  pada tanggal 13 – 15 Juni 2011 lalu .

Tetapi sayangnya MEC kurang mendapat respon yang banyak dari mahasiswa UPDM (B) dikarenakan kurangnya  publikasi dari media kampus,  pada umumnya MEC banyak diminati oleh mahasiswa dari Fikom. “Padahal sebenarnya pada saat kita melakukan seminar sudah banyak sekali ide – ide yang bagus yang diberikan oleh peserta yang mengikuti seminar,“ ujar Nanda kembali.

Perkataan dari Nanda ini juga diperkuat dengan mahasiswa yang tidak mengetahui adanya MEC.  “Wah saya baru tahu ada MEC , tapi semoga dengan adanya MEC mahasiwa menjadi mau mencoba hal – hal baru dan juga banyak mendapat ilmu tentang wirausaha,” tutur mahasiswa FISIP HI  2009  Adhy Dyan Septalind.

Banyakan harapan yang terselip untuk MEC di masa akan datang. “Semoga semakin berkembang dan semakin maju baik di dalam maupun luar UPDM(B), serta mampu menumbuhkan minat  pada mahasiswa untuk berusaha mulai dari bawah dan juga makin mendapatkan banyak respon dari berbagai kalangan di kampus UPDM (B),” harap Nanda.