Home Entertainment Musik Major VS Indie

Major VS Indie

8
0
SHARE

Oleh Rionaldo Herwendo, Evelyn Stefani, Ridho Losa

Editor : Rionaldo Herwendo

Diamma – Bertempat di Ruang Serba Guna III Fikom, WKM KOSMIK mengadakan Talk show Music dengan tema “Perkembangan dan Pergerakan Dua Jalur Musik” yang merupakan salah satu rangkaian acara dalam KOSMIK Fest 2011. Acara tersebut dihadiri oleh Syahrizal yang pernah bekerja sebagai Strategi Promotion dari Indah Dewi Pertiwi dan Rama Aditya sebagai gitaris dari band indie bernama D’Jenks.

Acara yang dipandu oleh Inggit dan Adri ini, diawali dengan sambutan dari Kepala Dekan Fikom Hanafi dan disambung dengan sambutan dari ketua WKM KOSMIK yang akrab disapa Gope. Lalu, Galih, sebagai moderator, mengenalkan pembicara yang bekerja pada dua jalur musik yang berbeda, yaitu Indie dan Major. Dua jalur inilah yang menjadi poros pembicaraan pada talkshow ini.

Syahrizal yang berkutat pada dunia major, menjelaskan bagaimana cara kerja di dunia musik major label. Alumni WKM KOSMIK ini juga mengatakan ada perbedaan major dengan indie dalam berbagai hal, termasuk cara pendistribusiannya. Jika major pendistribusian musiknya dalam skala yang besar, melalui media mainstream, indie sifat pendistibusiannya  berdasarkan pertemanan atau relasi. “Kalau indie kerjanya DIY, Do It Yourself,” singkat Rama Aditya menjelaskan soal pendistribusian dari musik indie.

“Acaranya bagus, digambarkan sosok-sosok yang bekerja di major dan indie label, dijelaskan permasalahannya dan perbedaannya. Dikemasnya juga bagus, suasana lebih cari karena diperolehkan merokok, jadi tidak kaku,” ungkap Kalis, salah satu penonton dari Talkshow ini.

Pada acara ini memang diperbolehkan merokok walaupun bertempat indoor, tetapi Sari merasa kurang nyaman dengan keadaan seperti itu. “jadi kurang nyaman aja gw karena pada merokok,” singkat Sari mengutarakan.

Selain talkshow, WKM KOSMIK juga akan mengadakan klinik music dengan tema “Rhythm dan Melody” dan puncaknya Parkiran Musik pada tanggal 9 Juni 2011.